Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 04 Des 2023 - 09:57:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadiri Sosialisasi Penurunan Stunting, Puan Dapat Banyak Pujian dari Ibu-ibu

tscom_news_photo_1701658663.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri roadshow percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Puan pun menekankan pentingnya keluarga yang sehat untuk menekan stunting di Indonesia.

Roadshow sosialisasi yang diberi nama ‘Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting’ digelar di Gedung Pertemuan Desa Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Minggu (3/12/2023).

Di awal sambutannya, Puan menyapa ibu-ibu yang datang membawa buah hatinya. Ia memuji semangat para ibu yang antusias mengikuti program ini. Menurutnya, hal tersebut membuktikan kepedulian para ibu terhadap tumbuh kembang anaknya.

"Saya lihat ibu-ibu di sini waktu saya datang masih semangat. Apalagi untuk anaknya yah, pasti lebih semangat lagi," kata Puan membuka sambutannya.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menambahkan, isu tumbuh kembang menjadi salah satu perhatian utamanya setiap datang ke Sukoharjo. Puan pun kembali mengimbau agar orang tua menyadari kebutuhan gizi seimbang bagi buah hatinya demi menekan stunting.

"Tadi Bu Etik (Bupati Sukoharjo) bilang, kurang lebih Rp 8 miliar telah diberikan ke Posyandu sebagai bukti kepedulian terhadap anak-anak Sukoharjo," ungkapnya.

"Saya selalu katakan setiap tahunnya harus ada anggaran untuk hal ini. Bagaimana menyelesaikan stunting untuk anak-anak di Sukoharjo menjadi penting," sambung Puan.

Upaya menekan stunting dinilai harus menjadi perhatian bersama. Sebab, kata Puan, target Pemerintah untuk menurunkan stunting tidak akan terealisasi apabila tidak ada kesadaran dari semua stakeholder, termasuk dari para orang tua.

"Bagaimana kita kasih anak-anak kita jangan makanan instan, bukan mie, bukan keripik pakai micin. Terus gulali, permen, jangan seperti itu. Tapi makanan yang bergizi seperti ikan, tempe, tahu. gotong royong dari semua pihak harus dilaksanakan,” paparnya.

"Saya selalu datang ke Sukoharjo, saya sangat peduli dengan masyarakatnya. Saya itu cerewet, tapi untuk kebaikan. Saya tidak pernah lupa pada Sukoharjo, saat sebagai Ketua DPR ataupun menterinya Pak Jokowi pada periode lalu," imbuh mantan Menko PMK itu.

Usai memberi sambutan, Puan menyempatkan diri berbincang dengan ibu-ibu terkait tumbuh kembang anak-anak mereka. Salah satunya dengan Handayani yang merupakan seorang ibu rumah tangga.

Handayani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Sukoharjo yang terus memberikan bantuan untuk menekan angka stunting. Kepada Puan, ia juga mengungkapkan kekaguman terhadap sosok cucu Bung Karno ini. Ia bahkan memuji kecantikan Puan.

"Mbak Puan kalau deket gini, ternyata cantik ya. Saya biasanya lihat dari jauh atau dari TV. Bangga sekali punya pemimpin perempuan seperti Mbak Puan," kata Handayani.

Pujian untuk Puan juga dilontarkan "emak-emak’ lainnya. Seperti yang disampaikan oleh Ayu Rusiana.

"Saya ngefans sekali sama Mbak Puan, baru bisa ketemu. Makin tua makin cantik," sebut Ayu.

Mendengar Pujian dari "Ayu, Puan lalu menanyakan pandangan apakah sosoknya merupakan perempuan yang galak. Ayu pun menjawab bahwa pembawaan Puan adalah sosok pemimpin yang tegas.

"Beda kalau galak sama tegas, kalau galak marah nggak ada alasannya. Tapi kalau tegas ada alasannya," urai Ayu menjawab pertanyaan Puan.

Puan lalu menimpali jawaban dari Ayu. Ia berkelakar bahwa sosok "emak-emak" sangat cocok untuk menjadi juru bicaranya karena pintar menarik simpati antar sesama perempuan.

"Kayaknya mau saya angkat jadi jubir nih," canda Puan disambut gelak tawa ibu-ibu yang hadir.

Di akhir acara, Puan menyalurkan bantuan berupa 1.000 paket sembako bagi setiap keluarga. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka memberikan gizi seimbang bagi anak-anak untuk mencegah stunting.

tag: #dpr  #puan-maharani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement