Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 08 Apr 2024 - 05:40:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Lokasi Gerhana Matahari, Termasuk di Indonesia?

tscom_news_photo_1712529655.jpeg
Fenomena Gerhana Matahari (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi hari ini Senin 8 April 2024. Namun, fenomena ini diprediksi tidak akan terlihat di langit Indonesia.

Gerhana Matahari Total nantinya akan terlihat di Samudera Pasifik hingga Mazatlan di Meksiko. Berikutnya akan bergerak menuju Amerika Serikat (AS), di Texas hingga maine.

Sementara itu, lama proses gerhana atau saat permukaan Bulan menutupi Matahari terjadi selama 4 menit 28 detik. Fenomena akan terjadi paling lama di Torreon, Meksiko mencapai 3,5 hingga 4 menit.

Perlu diingat Gerhana Matahari Total tak bisa dilihat secara langsung atau tanpa alat bantuan apapun. Hanya saat fase total saat permukaan Matahari ditutup Bulan bisa dilihat secara langsung.

Jadi, jika ingin menyaksikannya, Anda bisa melihatnya melalui online. Salah satu yang menayangkannya adalah kanal Youtube NASA Spanyol.

Anda juga bisa menggunakan alat bantu untuk melihat fenomena tersebut. Misalnya menggunakan pelindung khusus gerhana yang direkomendasikan oleh Komunitas Astronomikal Amerika (AAS).

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement