Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 01 Jun 2024 - 17:16:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Singgih: Pancasila Menjadikan Indonesia Penengah Pertikaian Bangsa

tscom_news_photo_1717236971.jpg
Anggota DPR Singgih Januratmoko (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR Singgih Januratmoko mengatakan, Hari Pancasila menjadikan Indonesia negara yang harus mampu menjadi penengah pertikaian bangsa. Hal ini sesuai dengan ideologi Pancasila.

"Pancasila merupakan ideologi penengah yang relevan dengan kondisi saat ini. Di kala dunia sedang terpolarisasi, Indonesia dengan ideologi Pancasila menjadi penengah pertikaian bangsa," katanya kepada wartawan, Sabtu (1/6/2024).

Pancasila, kata Singgih, mendorong bangsa Indonesia untuk mencintai bangsanya, tapi tidak terjebak chauvinisme (mencintai tanah air yang sangat berlebihan -red).

"Yang saat ini bisa kita lihat bagaimana chauvinisme Israel membuat rakyat Palestina menderita sejak 1948," ucapnya.

Selain itu, kata politikus Partai Golkar ini, Pancasila juga mendorong menjadi bangsa yang bisa menghormati kedaulatan bangsa lain. Bahkan pendirian bangsa Indonesia sebagaimana Pembukaan UUD 1945, adalah untuk mendorong terciptanya ketertiban dan perdamaian dunia.

"Nilai-nilai luhur Pancasila yang universal ini, seharusnya terus diajarkan di sekolah-sekolah secara teori dan praktek. Sehingga generasi mendatang bisa terus mengerti dan memaknai kehidupan sehari-hari mereka dengan Pancasila," ucapnya.

tag: #singgih-januratmoko  #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Berita

Unggul di Survei, Kaesang-Witjaksono Dinilai Cocok Pimpin Jawa Tengah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan pengusaha asal Kabupaten Pati, Witjaksono menempati urutan teratas survei calon gubernur dan calon wakil ...
Berita

OPM Bakar Gedung SMP, DPR Minta Pemerintah Segera Buka Sekolah Darurat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi X DPR RI mengecam peristiwa pembakaran gedung sekolah yang dilakukan  Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kampung Borban, Distrik Okbap, Kabupaten Pegunungan ...