Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 30 Jun 2015 - 21:24:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Bang Yos Minta Anggaran BIN Dinaikkan

8Sutiyoso-tscom-indra.jpg
Sutiyoso (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Usai menjalankan fit and proper test, calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso berharap agar anggaran operasional BIN dinaikkan. Pasalnya, ia menilai anggaran operasional BIN sekitar Rp 2 triliun masih minim.

"Ruang lingkup dan tugas BIN, operasi yang bukan di dalam namun di luar negeri, saya kira penilaian sementara nilai Rp 2,4 triliun apalagi mau dipotong, itu sangat kecil," usai menjalani fit and proper test di Komisi I DPR, Selasa (30/6/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menggungkapkan, tugas BIN cukup berat, karena sebagai lini terdepan dalam keamanan negara sehingga harus ditopang dengan biaya yang cukup.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Yos itu, dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih minim pendanaan untuk kepentingan intelijen. Operasi intelijen adalah operasi yang mahal karena menyangkut keselamatan negara.

"Dalam hal anggaran, saya akan berkonsultasi dengan Komisi I DPR RI," ungkapnya.

Kendati demikian dirinya enggan menyebut dana ideal yang harus dimiliki BIN. Namun anggaran saat ini masih terlalu kecil untuk menunjang kerja intelijen.

Anggaran BIN juga, ucap dia, akan dialokasikan buat gaji pegawai, operasional yang lingkupnya luas dan juga mendukung kerja intelijen di luar negeri.

"Nilai itu tentu sangat kecil sepengetahuan saya bila (dibandingkan dengan) biaya intelijen di negara-negara lain," tandas dia.(yn)

tag: #anggaran bin  #calon kepala bin  #bang yos  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement