Ragam
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Rabu, 15 Jul 2015 - 23:18:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Hari ke-29 Ramadhan, Matahari Tepat Berada di Atas Kabah

51kabah.jpg
Kabah (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Matahari akan tepat berada di atas Kabah pada hari ke-29 Ramadhan 1436 Hijriah yang jatuh pada Kamis (16/7/2015). Momen ini bisa dimanfaatkan umat Islam di Indonesia untuk menyesuaikan arah kiblat.

Hal ini seperti disampaikan Peneliti di Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rukman Nugraha.

Menurut Rukman, peristiwa tahunan ini merupakan efek dari gerak semu tahunan Matahari, dari ekuator menuju 23,5 derajat lintang utara dan berbalik lagi ke 23,5 derajat lintang selatan.

Sementara Kabah berada di 21,25 derajat lintang utara. Sehingga, menurutnya, wilayah Kabah selalu dilewati Matahari dalam pergerakan menuju titik balik utara serta titik balik selatannya yang terjadi dua kali dalam setahun.

Rukman menyebutkan, saat Matahari bergerak ke titik balik utara terjadi pada 28 Mei lalu.

“Dan 16 Juli, saat Matahari bergerak kembali ke arah selatan dari titik balik utaranya," kata Rukman.

Rukman, seperti dikutip dari Kompas.com, menyebutkan peristiwa matahari berada tepat di atas Kabah ini dapat menjadi momen tepat untuk menyempurnakan arah kiblat. Sebab, arah bayangan benda yang tegak bisa menjadi petunjuk arah kiblat.

"Saat kita menarik garis dari titik ujung bayangan ke pangkal benda tegak tersebut, itulah arah kiblat yang tepat," kata Rukman.

Sementara, syarat untuk menyesuaikan arah kiblat adalah matahari masih bersinar. Diperkirakan, matahari akan berada tepat di atas Kabah pada Kamis (16/7/2015) yaitu pada pukul 16.27 WIB. Sehingga, hanya warga Indonesia barat saja yang dapat menyesuaikan arah kiblat pada saat itu. (Kompas/mnx)

tag: #Hari ke-29 Ramadhan  #Matahari Tepat Berada di Atas Kabah  #sesuaikan kiblat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...