Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 30 Jul 2015 - 13:17:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Politisi PKS Minta Pemerintah Merespon Fatwa MUI Soal BPJS Syariah

96BPJS_kesehatan.jpg
BPJS Kesehatan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Hakim menyatakan dukungannya terhadap langkah Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyarankan agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) menerapkan sistem syariah. Untuk itu, ia meminta agar pemerintah segera merespon saran MUI agar BPJS Syariah berjalan.

"Pemerintah perlu secara serius tindaklanjuti mengenai BPJS syariah," ujar Abdul Hakim saat dihubungi, Kamis (30/7/2015).

Fatwa atau saran MUI tersebut, menurut Abdul Hakim, jangan dipandang sebelah mata. Hal ini karena MUI merupakan lembaga yang kredibel dalam memberikan fatwa soal masalah keagamaan dan keumatan.

"MUI memberikan fatwa persoalan keagamaan, kebangsaan dan keummatan," ungkapnya.

Seperti diketahui, MUI menetapkan sistem BPJS Kesehatan tidak sesuai syariah Islam atau haram. Khususnya sistem denda dua persen bagi peserta yang telat bayar iuran bulanan. Selain itu MUI menilai, dari perspektif ekonomi Islam dan fikih muamalah, BPJS juga tidak memenuhi syariat Islam. Dari hasil pengkajian tersebut, MUI menilai penyelenggaraan BPJS Kesehatan, terutama yang terkait dengan akad antar para pihak, tidak sesuai dengan prinsip syariah. Sebab, pelaksanaannya mengandung unsur gharar, maisir dan riba. (mnx)

tag: #Fatwa MUI mengenai BPJS Kesehatan haram  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...