Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Sabtu, 01 Agu 2015 - 17:23:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkes Jamin Fatwa MUI Tak Ganggu Pelaksanaan BPJS Kesehatan

93Nila_F_Moeloek_indra.JPG
Nila F Moeloek (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

BANTEN (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek memastikan, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menetapkan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak sesuai syariah tidak mengganggu proses pelaksanaan BPJS Kesehatan.

"Enggak (terganggu). Saya kira masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan. Sampai sekarang ini saya kira tidak terganggu," kata Nila di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (1/8/2015).

BPJS Kesehatan, ujar Nila, sangat bermanfaat, khususnya untuk masyarakat kurang mampu yang ingin mendapat fasilitas kesehatan.

Terkait fatwa tersebut, dia menyatakan bahwa Dewan Jaminan Sosial Nasional (JSN) akan berdialog dengan MUI. Dewan JSN telah mengirimkan surat permohonan dialog pada MUI.

"Jadi kita ingin tahu, mendiskusikannya dengan MUI," pungkasnya.

MUI mengeluarkan tinjauan mengenai BPJS Kesehatan dalam keputusan yang dihasilkan forum pertemuan atau ijtima Komisi Fatwa MUI di Pondok Pesantren At-Tauhidiyyah Cikura, Bojong, Tegal, Jawa Tengah, pada Juni 2015.

Dalam ijtima itu, Komisi Fatwa MUI menyebut bahwa iuran dalam transaksi yang dilakukan BPJS Kesehatan tidak sesuai dengan ketentuan syariah.

Kepala Tim Komunikasi BPJS Kesehatan Ikhsan mengatakan, pihaknya selama ini sudah bekerja sesuai prinsip dan syariat Islam.(yn)

tag: #menkes  #fatwa mui  #bpjs kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tak Hanya di Bogor, Obat Terapi Covid-19 Juga Langka di Bandar Lampung

Oleh Rihad
pada hari Minggu, 25 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Obat terapi COVID-19 dan vitamin sulit didapat di sejumlah apotek di Bandarlampung karena stoknya terbatas. Dilaporkan, di sejumlah apotek di Bandarlampung, Sabtu (24/7), ...
Berita

Pertanda Bagus, Kasus Sembuh Capai Rekor Baru

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Per Sabtu (24/7), Kementerian Kesehatan melaporkan kasus sembuh mendapat penambahan sebanyak 39.767 kasus. Ini merupakan rekor terbaru kasus kesembuhan di Indonesia. Saat ...