Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 04 Agu 2015 - 12:22:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Pakar Hukum Ini Sayangkan Hakim Kasasi Abaikan Pernyataan Yulianis Soal Anas

5585Yulianis.jpg
Yulianis (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Parahyangan, Bandung, Asep Warlan Yusuf mengatakan bahwa Anas Urbaningrum masih bisa melakukan upaya hukum terhadap kasus yang membelitnya.

Tentu saja, hal itu harus disertakan dengan fakta baru yang kuat kalau memang ada perbuatan rekayasa kasus. Untuk itu, Asep menyarankan agar Anas melakukan PK sebelum menjadi bola panas kepentingan politik.

"Lagi-lagi sepanjang Anas ada fakta baru maka bisa PK, nah tinggal hakim PK meninjau kembali bisa kasasi atau tidak. Oleh karena itu bila merasa dirugikan maka bisa dilakukan peninjauan kembali suatu upaya hukum luar biasa lantaran ada keliruan yang nyata," kata Asep kepada TeropongSenayan, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Kendati demikian, Asep sangat menyayangkan hakim kasasi tidak menjadikan pernyataan Yulianis menjadi pertimbangan dalam persidangan kasus Anas. Padahal saat itu posisi Yulianis sebagai saksi fakta, yang secara hukum relevan dan tidak manipulatif kesaksiannya.

"Secara hukum kesaksian jadi pertimbangan kalau subtansi perbuatan itu. Jadi dalam hal ini hakim kasasi tidak kesampingkan kesaksian Yulianis dalam kasus Anas," jelasnya. (iy)

tag: #kpk  #anas urbaningrum  #PK  #rekayasa kasus anas  #yulianis  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...