Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 14 Agu 2015 - 20:48:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Salah Satu Menteri Jokowi Pernah Menerima Beasiswa Supersemar

20Pratikno.jpg
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno disebut pernah menerima beasiswa dari Yayasan Supersemar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kasus penyelewengan dana Yayasan Beasiswa Supersemar terus menuai kritikan, khususnya dari keluarga mendiang mantan Presiden Soeharto.

Putri keempat mantan Presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi atau yang akrab disapa Titiek Soeharto menegaskan bahwa tidak ada penyalahgunaan dana negara oleh Yayasan Supersemar. Pemberian beasiswa pendidikan kepada masyarakat tidak mampu tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku saat itu. (Baca juga: Dikalahkan Kejakgung Soal Supersemar, Keluarga Soeharto Persiapkan Langkah Hukum)

"Memang waktu itu ada Perpres tahun 1976 dan diikuti dengan keputusan peraturan Menteri Keuangan bahwa 5 persen dari sisa laba bank pemerintah digunakan untuk membantu pendidikan dan disalurkan melalui Yayasan Supersemar," beber Titiek kepada TeropongSenayan di gedung Nusantara II, kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Namun, papar Titiek, dana Yayasan Supersemar itu tidak hanya dari bank milik pemerintah, tetapi juga sumbangan dari para pengusaha dalam dan luar negeri. (Baca juga: Sindiran Tommy: Beasiswa Supersemar Bukan Membiayai Komunis)

"Kita tidak gunakan dana pemerintah, itu merupakan CSR bank-bank saat itu. Menampung sumbangan-sumbangan dari konglomerat-konglomerat dan yang membantu (juga ada) perusahaan-perusahaan," ungkap dia.

Politikus Partai Golkar itu pun menyebutkan, beasiswa Supersemar telah diberikan kepada 2 juta lebih siswa dan mahasiswa ketika itu. Dan 70 persen rektor universitas negeri di Indonesia saat ini adalah penerima beasiswa Supersemar. (Baca juga: Mantan Penerima Beasiswa Supersemar Sindir Kasus BLBI)

"Mereka (penerima beasiswa) akan beri kesaksian bahwa betapa manfaatnya uang yang diberikan oleh yayasan Supersemar itu. (Penerima beasiswa) Banyak yang jadi menteri, Mensesneg (Pratikno) yang bekas rektor Universitas Gadjah Mada juga penerima beasiswa Supersemar," tandasnya.(yn)

tag: #beasiswa supersemar  #menteri jokowi  #mensesneg  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Rumah Warga yang Balik ke Jakarta Akan Diberi Tanda

Oleh Rihad
pada hari Sunday, 16 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kodam Jaya memberikan tanda terhadap rumah warga balik ke Jakarta guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 usai ...
Berita

Investasi RI Berangsur Membaik, Muhaimin Beraharap Penanganan Pandemi Covid-19 Lebih Serius

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Indonesia diprediksi akan memasuki masa pemulihan pada triwulan II-2021. Salah satu indikator skenario prediktif tersebut adalah pertumbuhan realisasi nilai ...