Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Sabtu, 15 Agu 2015 - 07:14:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Terbesar di Dunia, Peserta BPJS Capai 150 Juta Orang 

43unnamed.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BANJARMASIN (TEROPONGSENAYAN) - Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di seluruh Indonesia hingga saat ini mencapai 150 juta orang. Ini menjadi peserta program jaminan sosial terbesar di dunia.

Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Chazali H Situmorang mengatakan, awalnya jumlah peserta BPJS sekitar 120 juta orang, dalam kurun waktu 1,5 tahun bertambah 30 juta sehingga menjadi 150 juta orang, dan terbesar di dunia.

"Inilah salah satu efek insurance, di mana orang ingin secara serentak ikut program BPJS. Padahal kita prediksikan penambahanya tidak sampai sebesar itu," ujarnya di Banjarmasin, Jumat (14/8/2015).

Chazali mengakui, kenaikan jumlah peserta belum diimbangi dengan ketersediaan fasilitas kesehatan. Padahal, DJSN sudah membuat road map dalam waktu lima tahun jumlah pesertanya bertahap, tidak seperti sekarang ini semua orang ingin mejadi peserta.

Dia menjelaskan, guna memenuhi fasilitas kesehatan (Faskes) peserta, tidak semua menjadi tanggung jawab BPJS, tetapi juga menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan. Karenanya, pada anggaran 2016 sudah ada rencana pemerintah pusat untuk memenuhi kuota 5 persen biaya kesehatan dari APBN.

Namun saat ini pemerintah baru mampu memenuhi 2,5 persen, artinya target Menteri Kesehatan meningkatkan jumlah dan mutu infrastruktur termasuk jumlah dokter, dan mengurangi daftar tunggu yang panjang akan berkurang.

"Kita mohon pengertian masyarakat dan stakeholder apabila ada pelayanan yang kurang nyaman, terkadang ada terkesan bolak-balik mengantri, mohon dimaklumkan, karena proses transisi," harapnya.

Dia tidak menutup mata, ada juga pihak-pihak profender yang mencoba bermain dalam situasi seperti ini. "Ada yang melakukan moral hazard, tentu ini cepat atau lambat pasti ketahuan terutama media bisa mengungkapkan," paparnya.(yn/ant)

tag: #bpjs  #jkn  #bpjs kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...