Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 31 Agu 2015 - 09:50:33 WIB
Bagikan Berita ini :
Perbaikan Ekonomi

Pemerintah Harus Buat Kebijakan Agar Eksportir Mengkonversi Valas ke Rupiah

82Andreas-Eddy-Susetyo.jpg
Andreas Eddy Susetyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi XI Andreas Eddy Susetyo MM mendesak pemerintah agar segera membuat kebijakan yang berorientasi pada arah untuk menarik devisa dan konversi valas ke rupiah dari para eksportir, guna menyeimbangkan penawaran dan permintaan (supply dan demand) dollar Amerika.

"Aksi yang menonjol sekarang adalah kebijakan berorientasi pada demand side sementara supply side kurang mendapat prioritas," kata Andreas kepada TeropongSenayan, Senin (31/8/2015).

Politisi PDIP menjelaskan, selama ini yang bergerak di pasar hanya Bank Indonesia (BI). Oleh karena itu, pemerintah melalui kebijakannya perlu mendorong eksportir yang devisanya di bank, terutama di bank BUMN mengkonversi dollar mereka ke rupiah.

Tak hanya itu, Andreas juga mendorong pemerintah agar sektor pangan dan energi harus menjadi basis kebijakan pemerintah. Lonjakan berbagai kebutuhan pangan dalam negeri secara silih berganti selalu menghantui masyarakat.

"Kehadiran Pemerintah dalam bentuk kebijakan yang menjamin kestabilan harga kebutuhan pokok ini tidak bisa ditunda-tunda lagi," katanya.

Dia juga meminta pemerintah agar benar-benar mempertimbangkan daya beli masyarakat yang semakin menurun dan beban hidup yang semakin berat.

"Caranya antara lain memperbanyak proyek-proyek padat karya di sektor pertanian, pariwisata, investasi dalam negeri dan penjadwalan ulang proyek-proyek yang pendanaannya belum jelas sehingga hanya akan memperbesar utang dan defisit primer," tandasnya.(yn)

tag: #eksportir  #valas  #rupiah  #krisis ekonomi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...