Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 01 Sep 2015 - 11:27:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Terlalu Anggap Sepele Persoalan TKA

14TKA_di_indonesia.jpg
Tenaga Kerja Asing di Indonesia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah dinilai menganggap sepele soal ancaman Tenaga Kerja Asing (TKA) yang akan masuk ke Indonesia sehingga dapat menyingkirkan pekerja lokal.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sohibul Iman mengatakan, permasalahan kurangnya lapangan kerja saja sudah membuat tingginya pengangguran di Indonesia, apalagi nanti ada TKA yang akan masuk. Lalu, keinginan pemerintah yang ingin menghapuskan penggunaan bahasa Indonesia terhadap TKA menunjukkan pemerintah menganggap sepele permasalahan ketenagakerjaan.

"Apalagi kemudian pemerintah mengatakan prasyarat bahasa Indonesia tidak perlu. Itu menurut saya hal-hal yang terlalu menyederhanakan persoalan. Ini persoalan cukup serius di lapangan," ujar Presiden DPP PKS tersebut di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Maka ia mengimbau agar pemerintah untuk memprioritaskan pekerja lokal dibandingkan dengan TKA.

"Selesaikan itu (permasalahan TKA), nanti hubungan kita dengan negara lain itu banyak channelnya, tidak hanya dengan menggunakan diplomasi hukum saja. Kita banyak channel diplomasi," jelas Sohibul Iman.

Seperti diketahui, pada hari ini, Selasa (1/9/2015), ribuan buruh menggelar aksi demo. Dalam aksinya kali ini, massa buruh telah menyiapkan sejumlah tuntutan, antara lain, meminta pemerintah menurunkan harga barang dan harga bahan bakar minyak (BBM), mendesak pemerintah untuk melindungi buruh dari ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat anjloknya nilai tukar rupiah, dan menolak masuknya tenaga kerja asing (TKA) terlebih di tengah ancaman PHK pekerja lokal. (mnx)

tag: #demo buruh 1 september 2015  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement