Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Sabtu, 26 Sep 2015 - 14:52:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Wantimpres Minta Pemerintah Hemat dalam Penggunaan Devisa Negara

45devisa.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) meminta pemerintah untuk berhemat dalam menggunakan devisa negara.

Hal itu terkait dengan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi September I untuk menangani masalah perlambatan ekonomi. Sayangnya, kondisi perekonomian nasional tak kunjung membaik Hal itu antara lain tercermin dari masih melemahnya posisi nilai tukar rupiah hingga menyentuh Rp 14.700 terhadap dolar AS .

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Suharso Monoarfa berharap, agar ke depannya Presiden Jokowi melimpahkan sejumlah proyek infrastruktur langsung kepada BUMN-BUMN terkait.

Dampaknya, lanjut politikus PPP tersebut, cadangan devisa nasional akan lebih bisa diperhemat lantaran proyek-proyek demikian didanai bukan melalui mekanisme APBN, melainkan pembiayaan melalui BUMN.

“Jadi (kalau usulan ini terwujudkan), tidak ada beban di APBN. Langsung ke BUMN. Mengurangi defisit, pengusaha senang (karena) mendapatkan insentif, lapangan pekerjaan tersedia. Kemudian, proyek-proyek infrastruktur tetap berjalan,” ujar Suharso di Jakarta, Sabtu (26/9/2015).

Misalnya, sebut dia, pembiayaan proyek pembangunan infrastruktur dapat dilepas kepada BUMN-BUMN karya yang bergerak di bidang konstruksi. Bila sampai demikian, efektivitas penggunaan dolar AS akan lebih besar dalam menghemat belanja negara.

Selain itu, usulan tersebut dapat menjadi solusi atas macetnya penggunaan anggaran di lingkungan kementerian/lembaga. Seperti diketahui, penyerapan anggaran menjelang tutup tahun ini berjalan cukup lamban. Bahkan, dalam hal penyerapan daerah, terjadi ketakutan kolosal pejabat-pejabat daerah terkait kemungkinan kriminalisasi dalam mencairkan anggaran.

Saran lain, dia menambahkan, Presiden Jokowi dapat mengutamakan kebijakan yang merelaksasi fiskal, seperti tax amnesty policy. Kemudian, Presiden juga tidak dianggap tabu untuk mengambil dari pinjaman luar negeri.(yn)

tag: #wantimpres  #devisa negara  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...