Berita
Oleh Ilyas pada hari Rabu, 30 Sep 2015 - 16:57:58 WIB
Bagikan Berita ini :

MPR: Pesantren Merupakan Basis Pendidikan Pilar Bangsa  

57Untitled.jpg
Anggota MPR RI Gatot Sudjito saat melakukan sosialisasi empat pilar bangsa di Pondok Pesantren Syekh Maulana Kedunggalar Ngawi, akhir pekan lalu. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Pondok pesantren dinilai sebagai basis mendidik anak bangsa dalam menjiwai substansi nilai Pancasila amat penting saat ini. Hal ini diungkapkan anggota MPR RI Gatot Sudjito saat melakukan sosialisasi empat pilar bangsa di Pondok Pesantren Syekh Maulana Kedunggalar Ngawi, akhir pekan lalu.

Gatot menjelaskan bahwa saat ini muncul kelompok-kelompok eksklusif dan radikal yang ingin mengubah posisi Pancasila sebagai dasar negara.

“Masyarakat Indonesia mesti menyeleksi arus gerakan Islam di Indonesia ini. Pasalnya di era terbuka seperti hari ini seringkali kelompok-kelompok Islam radikal-eksklusif yang anti-Pancasila, yang tak kenal lelah ingin mengevaluasi dasar Negara pancasila untuk diubah menjadi berdasar Islam,” katanya, dalam keterangan yang diterima TeropongSenayan, Rabu (30/9/2015).

Namun kata dia, arus gerakan Islam ekslusif ini terbentur karena bingkai Islam Indonesia tampil dengan wajahnya yang inklusif dan moderat, yang dapat menyatukan pelbagai pihak dengan latar belakang dan identitas yang berbeda-beda.

“Jelaslah bahwa Pesantren dan Pancasila dapat membuktikan bahwa Islam inheren dengan keberagaman di satu sisi dan persatuan di sisi lain, Pancasila sebagai wadah kompromistis dalam menyatukan keberagaman,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia mengapresiasi tatanan bernegara yang berbasis pendidikan pesantren.

“Saya mengajak mari membangun tatanan kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama yang berbasis pendidikan di pesantren. Untuk lebih giat lagi menghayati substansi Pancasila yang diperkuat dengan UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, demi terwujudnya kehidupan yang harmonis dan damai.” (iy)

tag: #Empat Pilar Kebangsaan  #Pilar Bangsa  #Sosialisasi Pilar bangsa  #pondok pesantren  #mpr ri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...