Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 14 Okt 2015 - 14:11:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Insiden di Aceh Singkil, JK: Mereka Kembali ke Jaman Jahiliyah

29kerusuhan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (JK) hadir dalam perayaan tahun baru Hijriah 1437. Di acara tersebut, ia menyinggung terjadinya kekerasan horisontal yang melibatkan masyarakat di Singkil Aceh.

"Kemarin kita prihatin apa yang terjadi di Aceh Singkil. Karena adanya ketidakcocokan, ketidaksenengan dan kekerasan," ujar JK kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (14/10/2015).

JK menyayangkan tragedi tersebut pecah selang beberapa hari sebelum tahun baru Hijriah. Padahal, kata dia, seharusnya tahun baru bagi Umat Islam itu bisa menjadi pelajaran dalam memelihara perdamaian, sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Menurut JK, hijrah juga dapat dipahami sebagai perpindahan dari perilaku jahiliah menjadi masyarakat yang humanis dan lebih baik.

"Tentu tidak boleh terjadi lagi. Kita harus menghindari. Indonesia ini negara yang penuh toleransi. Negara yang menghargai seluruh agama. Kita harus menjaga itu. Karena dengan cara ini, kita dapat hijrah dari suatu kesulitan menuju kebaikan," ucapnya.

Ia menyindir pelaku kekerasan sebagai tindakan manusia yang kembali pada perilaku jahiliyah.

"Mereka kembali ke jaman jahiliyah, mengebom satu sama lain. Kita ingin hijrah ini peringati penuh doa dan zikir," paparnya.

Sebelumnya, keributan soal agama terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Selasa (13/10/2015). Kali ini, satu gereja dibakar massa dan dua orang meninggal dunia akibat bentrokan dua kelompok massa yang berbeda agama.(yn)

tag: #aceh singkil  #kerusuhan  #jk  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Cuaca Jabodetabek Hari ini, Waspadai Hujan Siang Hari

Oleh Ariful Hakim
pada hari Senin, 12 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca DKI Jakarta dan sekitarnya Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada ...
Berita

Ketum JMSI Buka Rakerda Pengda JMSI Aceh

BANDAACEH (TEROPONGSENAYAN)-- Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang diwakili Asisten Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir. Iskandar Syukri, MM, MT hadiri Rapat Kerja ...