Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 22 Okt 2015 - 19:08:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Temuan KontraS, Setahun Jokowi Memimpin, Pelanggaran HAM Makin Marak

98HARIS-AZHAR.jpg
Haris Azhar (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindakan Kekerasan (KontraS), Haris Azhar menilai bahwa setahun pemerintahan Jokowi-JK menunjukan kegagalan dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM).

Padahal, dalam program yang dijanjikan, Presiden Joko Widodo telah melahirkan sejumlah dokumen yang memuat materi di bidang HAM, sebut saja Nawacita, kemudian agenda HAM dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Tercatat setahun pemerintahan Presiden Jokowi masih marak terjadi beragam pelanggaran HAM, bahkan meningkat. Adanya ancaman terhadap pembela HAM dan anti-Korupsi," kata Haris saat dihubungi, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Selain itu KontraS mencatat angka kekerasan, perampasan tanah, dan kerusakan lingkungan di sektor tambang dan perkebunan kian marak. Salah satu hal yang menjadi perhatian yakni penanganan hukum dari semua kasus yang terjadi berujung pada absensi proses hukum.

"Hal ini jelas terlihat bagaimana negara dan Presiden lebih sering bicara dan bekerja pada investasi, bahkan sampai ke Timur Tengah. Tapi nyaris tidak berbicara soal keselamatan warga, kasus pembunuhan Salim Kancil di Jawa Timur sebagai contoh," ungkapnya. (iy)

tag: #setahun jokowi  #kepemimpinan jokowi-jk  #kontras  #pelanggaran ham  #ham  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Polisi Sebut Informasi Seruan Aksi Jokowi End Game Adalah Hoax

Oleh La Aswan
pada hari Sabtu, 24 Jul 2021
  JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menegaskan, jajarannya tengah memburu pihak yang sengaja menyebarkan serta mengajak orang untuk melakukan aksi ...
Berita

Surtiah, Ibu yang Peluk Jazad Anaknya, Akhirnya Meninggal Karena Covid-19

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Surtiah (70 tahun), ibu yang peluk jasad anaknya, akhirnya meninggal dunia pada Sabtu (24/07/2021). Ia sempat menjalani isolasi mandiri, setelah diketahui positif COVID-19. ...