Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 26 Okt 2015 - 16:50:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Yusril Singgung Nama Gus Dur Terkait Penanganan Kabut Asap

49images.jpg
Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyayangkan sikap lamban Presiden Jokowi dalam menangani kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan yang tak kunjung usai sampai hari ini.

Bahkan Yusril menyinggung nama mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur). Menurutnya, ketika kabut asap melanda seperti yang terjadi sekarang ini, mungkin Gus Dur akan langsung mengumpulkan ulama-ulama untuk berdoa bersama.

"Kalau Gusdur saat ini masih menjadi Presiden RI, dia langsung kumpulkan ulama salat minta hujan dan selesai," kata Yusril dalam konferensi pers menyikapi satu tahun pemerintahan Jokowi-JK di DPP PBB, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Yusril mengatakan, asap akibat pembakaran lahan semestinya dapat menjadi prioritas utama pemerintah saat ini karena sudah berdampak sangat luas terhadap masyarakat.

Sementara itu, Ketua Majelis Syuro PBB MS Kaban mengatakan, salat istisqa merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh pemerintah untuk mengatasi masalah asap.

Namun demikian, Kaban yang juga merupakan mantan Menteri Kehutanan menilai penanganan asap oleh pemerintah harus didukung dengan regulasi yang tegas.

Pemerintah dipandang harus tegas melarang pembukaan lahan dengan cara membakar, di manapun dan apapun alasannya.

"Pemerintah harus dengan tegas menetapkan zero burning. Sekarang ini undang-undang masih memperbolehkan pembakaran, ditambah lagi adanya pergub yang mendukung, itu semua harus direvisi," pungkasnya.(yn)

tag: #kabut asap  #gusdur  #yusril  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...