Bisnis
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 27 Okt 2015 - 18:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Hore...BEI Buat Aturan Saham Freeport Diserap Lokal

1920151027BEI_1445943065083.jpg
Dirut PT BEI Tito Sulistio (Sumber foto : antaranews)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ditengah penolakan perpanjangan ijin operasi PT Freeport Indonesia (Freeport), pihak pengelola lantai bursa saham membuat aturan baru. Tujuannya agar saham Freeport bisa diserap investor lokal atau domestik.

Menurut Dirut PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio, pihaknya akan membuat aturan yang memungkinkan investor lokal menyerap saham Freeport jika divestasinya dilakukan melalui mekanisme penawaran umum perdana saham atau "initial public offering" (IPO).

"Kita (BEI) bisa membuat peraturan yang membeli rakyat Indonesia, itu keberpihakan namanya. Asing bisa membeli setelah beberapa tahun. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa bikin, Bursa bisa bikin," ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Ia menegaskan sudah seharusnya perusahaan asing maupun anak usaha yang mengelola sumber daya alam Indonesia dinikmati juga oleh masyarakat Indonesia. Itu bisa dilakukan jika sahamnya bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia.

"Sahamnya dapat diserap melalui Taspen, Asabri maupun lembaga pensiun lainnya. Dalam 5-10 tahun mendatang nilainya akan menjadi besar dan akan kembali ke rakyat Indonesia," katanya.

Ia menambahkan bahwa dengan dicatatkannya saham Freeport juga akan mendorong kinerja industri pasar modal domestik menjadi lebih baik sekaligus dapat meningkatkan jumlah investor di dalam negeri.

"Induk perusahaan Freeport Indonesia (Freeport-McMoran Inc) terdaftar di Bursa Efek New York, Amerika Serikat. Tidak elok kalau Freeport Indonesia tidak tercatat di Bursa Efek Indonesia," ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa BEI juga sudah memiliki peraturan IPO untuk sektor pertambangan yang tercantum dalam Peraturan Nomor I-A.1. tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara yang resmi diberlakukan pada 1 November 2014 lalu.

"Aturan sudah ada terkait IPO pertambangan, dalam kontrak Freeport Indonesia tahun 1991 lalu juga disebutkan salah satu alternatif divestasi yakni listed melalui Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang sekarang BEI," paparnya.

Sebelumnya Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan bahwa divestasi saham Freeport melalui pasar modal atau IPO akan mendorong pemerataan kepemilikan oleh masyarakat dibanding dengan melakukan penempatan langsung atau "private placement".

"Kalau mereka divestasi di pasar modal tentunya itu pemerataan kepemilikan saham oleh masyarakat Indonesia bisa lebih tinggi, ketimbang divestasi sebagai private placement hanya pihak-pihak tertentu," ujarnya.

Menurut dia, jika PT Freeport Indonesia melakukan divestasi melalui pasar modal maka kepemilikan saham oleh investor lokal diharapkan lebih besar dari asing sehingga manfaatnya lebih banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

"Memang, di pasar modal siapapun bisa membeli saham, baik investor lokal maupun asing, kalau ada kehawatiran bahwa asing yang akan memiliki, perlu dilihat lagi bagaimana membatasinya," ujar Nurhaida.

Ditambahan, kalau yang dilihat lebih ke arah pemerataan tentu bisa dihimbau kepada penjamin pelaksana emisinya untuk memberikan persentase lebih kepada lokal. Artinya, pihak BEI bisa menyiasati melalui peraturan yang dibuatnya.(ris/ant)

tag: #bei  #freeport  #saham  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: I Nyoman Parta
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Adies Kadir
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Idul Fitri 1442H: Ali Wongso Sinaga
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Bisnis Lainnya
Bisnis

BRI Menjaga Kualitas Layanan Saat Libur

Oleh Rihad
pada hari Wednesday, 12 Mei 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Para Direksi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan peninjauan ke sejumlah kantor cabang di wilayah Jabodetabek, Rabu, untuk memantau pelaksanaan layanan terbatas dan ...
Bisnis

Jasa Marga Siap Lakukan Aksi Penyelamatan dengan Helikopter

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Seperti layaknya sebuah adegan film action, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melakukan simulasi penyelamatan kecelakaan menggunakan helikopter di Jalan Layan Sheikh Mohammed Bin ...