Berita
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 10:46:21 WIB
Bagikan Berita ini :

MA Perberat Hukuman Mantan Bupati Tegal Jadi Lima Tahun

96Untitled.jpg
Siti Nurmarkesi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi mantan Bupati Kabupaten Kendal Siti Nurmarkesi binti Djumiat dan memperberat hukumannya dari empat tahun penjara menjadi lima tahun penjara.

Selain itu dia Siti Nurmarkesi juga dipidana denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan.

"Pertimbangannya, mantan Bupati Kendal itu telah melakukan korupsi politik dengan menghambur-hamburkan dana bansos APBD untuk sejumlah lembaga agama dan lembaga sosial tanpa mengindahkan aturan," kata Krisna Harahap, anggota majelis yang menangani perkara tersebut, kepada Antara di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Krisna mengatakan Siti Nurmarkesi melanggar ketentuan dalam Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Di pengadilan tingkat pertama, Siti Nurmarkesi dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. Pengadilan banding menambah hukumannya menjadi empat tahun penjara.

Siti Nurmarkesi dinilai terlibat korupsi dana bantuan sosial Kabupaten Kendal senilai Rp1,3 miliar tahun 2010.

Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang menilai dia menggunakan dana bantuan sosial tanpa surat keputusan bupati serta tidak disertai dengan pengajuan proposal kegiatan dan laporan pertanggungjawaban.

"Pengajuan bantuan sosial juga tidak didahului dengan proposal, selain itu ada niat terdakwa di balik penyaluran bantuan sosial tersebut," kata Hakim Ketua Gatot Susanto

Hakim menilai ada niat terdakwa untuk menguntungkan lembaga atau kelompok tertentu terkait dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah Kendal pada saat kejadian.

"Ada kepentingan tertentu terdakwa untuk memperoleh nama baik dari masyarakat," tambah dia.

Ia juga menyatakan selaku bupati dia tidak memberikan teladan dan contoh bagi masyarakat, serta tidak mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. (iy/an)

tag: #bupati tegal  #tegal  #mahkamah agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
56 Tahun Telkom Indonesia
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Surtiah, Ibu yang Peluk Jazad Anaknya, Akhirnya Meninggal Karena Covid-19

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 24 Jul 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Surtiah (70 tahun), ibu yang peluk jasad anaknya, akhirnya meninggal dunia pada Sabtu (24/07/2021). Ia sempat menjalani isolasi mandiri, setelah diketahui positif COVID-19. ...
Berita

Perusahaan Didorong Tertib Kepesertaan untuk Pastikan BSU Tepat Sasaran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Setelah akhir pekan lalu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) memberikan keterangan persnya terkait penyaluran kembali Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja ...