Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 19 Okt 2014 - 14:10:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Pelantikan Jokowi Rekor Termahal Sepanjang Sejarah Indonesia

83Fuad Bawazier 002.jpg
Fuad Bawazier (Sumber foto : mulkan salmun)

JAKARTA--Joko Widodo benar-benar fenomenal. Termasuk pelantikannya sebagai Presiden terpilih yang menghabiskan dana Rp 1 miliar memecahkan rekor termahal dalam sejarah di Indonesia.

"Prosesi pelantikan Jokowi ini termahal dalam sejarah Indonesia," ujar Fuad Bawazier. Mantan Menteri Keuangan era Orde baru ini juga menilai seremoni ini berlebihan di saat masyarakat menanggung beban ekonomi sehari-hari.

Fuad yang mengaku memahami seluk beluk keuangan negara ini mengungkapkan angka Rp 1 miliar itu masih bisa membengkak. Sebab, jumlah itu hanya dari hitungan Setjen MPR. "Presiden itu setiap gerak membutuhkan anggaran. Seperti untuk ajudan, pengawalan dsbnya," ujar Fuad. Artinya di luar anggaran MPR, pelantikan Presiden juga menyedot dana anggaran Istana.

Fuad juga mengungkapkan pelantikan presiden-presiden sebelumnya tidak semahal saat ini. "Sederhana, murah dan simple", terangnya. Cukup datang naik mobil ke Senayan terus langsung ke Istana.

Karena itu, Fuad mengingatkan Jokowi-Jk agar konsisten dengan janji-janji kampanyenya. "Jangan membangun itu dengan citra tapi membangun itu dengan karya," sindir Fuad sambil menilai Jokowi mulai tidak konsisten.

Dia mengingatkan saat ini publik memang masih efuoria. "Namun nanti juga akan kritis kalau publik dipertontonkan kemewahan yang sangat kontras dengan kondisi bangsa secara nyata," pungkasnya.(ris)

tag: #Fuad Bawazier  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement