Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 11 Des 2015 - 08:46:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Penyebab Artis Banyak Menang di Pilkada

25PASHA.jpg
Pasha Ungu menang dalam perhitungan cepat pilkada kota Palu (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam keterangan persnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network mengakui petahana dan artis mudah memenangkan Pilkada karena adanya faktor popularitas.

"Petahana berpotensi besar memenangkan Pilkada karena lebih populer dibandingan calon lainnya," kata peneliti LSI Network, Ardian Sopa, di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Ardian mengatakan, dari 21 wilayah yang LSI melakukan proses hitung cepat, petahana yang menang antara lain adalah pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit (gubernur petahana) untuk Pilkada Sumbar, M Rud–Amsakar (walikota petahana) untuk Pilkada Kota Batam, pasangan Sambari Halim–Qosim (bupati petahanat) untuk Pilkada Gresik, dan pasangan Rita Widyasari-Edi Darmansyah untuk Pilkada Kutai Kartanegara.

Ardian pun menjelaskan, kemenangan petahana dan artis berdasarkan survei LSI bahwa selama memimpin mereka berhasil menunjukkan kinerjanya yang membuat masyarakat di wilayahnya menyatakan puas.

Selain itu, katanya, petahana juga lebih mudah menggerakkan tokoh informal maupun formal. dan mampu dan menjangkau semua segmen pemilih serta mereka lebih siap secara finansial,

Metodologi hitung cepat LSI menggunakan teknik penarikan sampel "multistage random sampling" dengan tingkat kesalahan sekitar 1 persen. Sampel tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh wilayah kecamatan untuk kabupaten/walikota, seluruh kabupaten untuk provinsi. (Icl)

tag: #pilkada-2015  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement