Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 21 Okt 2014 - 16:14:33 WIB
Bagikan Berita ini :
Unjuk Kekuatan

Euforia Rakyat Malah Jadi Beban Jokowi

73kirab1.jpg
Kirab jokowi (Sumber foto : Teropong Senayan/Eko S Hilman)
Teropong Juga:

JAKARTA-Massa rakyat yang mengiringi Presiden Joko Widodo masuk ke Istana Negara malah menjadi tekanan psikologis yang berat. "Euforia akan menjadi beban tersendiri bagi Jokowi," kata Pengamat Politik Charta Politika, Yunarto Wijaya di Jakarta.

Namun disisi lain, kata Yunarto, arak-arakan massa sepanjang jalan Jenderal Sudirman juga menimbulkan tanda tanya besar bagi sebagian publik. "Massa tersebut bisa saja dikatakan sebagai unjuk kekuatan Jokowi yang ditujukan ke legislatif," papar Yunarto.

Yunarto menduga lautan massa tersebut hanyalah sebuah euforia semata. Tak ada pesan lainnya. "Kejadian itu mengingatkan kembali, bagaimana orang mencintai SBY tapi sekaligus mencacinya,"

Disini, kata Yunarto, Jokowi punya beban berat apabila tidak bisa memenuhi ekspektasi publik yang begitu kuat dan besar. "Kritik akan lebih keras dihadapi Jokowi apabila Jokowi melenceng dari harapan publik," terang dia.

Namun disatu sisi, menurut Yunarto, euforia yang sangat besar sangat dibutuhkan Jokowi sebagai bargaining position dalam menghadapi dominasi parlemen, alias oposisi. "Supaya tidak ada tirani parlemen maka dari itu kekuatan publik sangat dibutuhkan Jokowi," tandas Yunarto.

Intinya, Yunarto membantah euforia yang terjadi kemarin bukanlah unjuk kekuatan kepada parlemen melainkan aksi spontanitas warga saja yang terkesan oleh sosok Jokowi," pungkas Yunarto. (ec)

tag: #pawai sambut pelantikan jokowi jk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPK Periksa Anggota DPR Ihsan Yunus Kasus Pengadaan Alat Kesehatan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus, memenuhi panggilan Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (18/4/2024). Dia diperiksa sebagai saksi ...
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...