Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 27 Okt 2014 - 19:07:27 WIB
Bagikan Berita ini :
Banyak Program Kerjasama

Yasonna Harus Naikkan Kemampuan Teknis

90yasona laoly_01.jpg
Yasonna Laoly (Sumber foto : Teropong Senayan/Eko S Hilman)

JAKARTA-Koalisi Merah Putih (KMP) menilai kemampuan teknis Yasonna H Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menhukham) pada Kabinet Kerja 2014-2019, dirasa masih perlu ditingkatkan. "Masalah kemampuan teknis saja yang perlu dia pelajar beberapa saat," kata Ketua Fraksi PAN, Tjatur Sapto Edy di DPR, Jakarta, Senin (27/10/14).

Seperti diketahui, Yasonna menggantikan posisi Menteri Hukham lama, Amir Syamsudin. Sebelumnya Yasonna menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan. "Baguslah, saya tahu dia senior dari PDIP. Cuma mungkin karena beliau lama di DPR," ujar mantan Wakil Ketua Komisi III DPR.

Meski demikian, Tjatur menaruh harapan kepada Yasonna H Laoly untuk bisa menjalin kerjasama yang lebih baik dengan DPR. "Mudah-mudahan kerjasama kita bisa terjalin dengan baik dan Pak Laoly bisa tegas," terang alumni ITB.

Menurut Tjatur, sinergisitas itu bisa dikerjakan dalam berbagai bentuk. "Program kerjasama kita dengan Menhukham ada banyak, ada UU dan termasuk pembenahan-pembenahan lapas, dan imigrasi," papar Tjatur yang merupakan orang dekat Ketua umum PAN, Hatta Radjasa.

Seperti diketahui, terpilihnya Yasonna dinilai berbagai pihak sangat mengejutkan mengingat sebelumnya santer dibicarakan posisi ini akan diisi kalangan profesional non partai yakni Saldi Isra.
Namun, pada detik-detik terakhir, nama tersebut diganti dengan mantan anggota Komisi II DPR RI periode 2004 – 2009 ini.

Yasonna lahir di Sorkam, Tapanuli Tengah, 27 Mei 1953. Pendidikan dasar dimulai di SR Katolik Sibolga pada 1959 dan lulus 1965. Kemudian, Yasonna melanjutkan pendidikan ke SMP Katolik Sibolga dan lulus pada 1968. Ia lulus dari SMA Katolik Sibolga pada 1972.

Selanjutnya, Yasonna lulus pendidikan tingginya dari Universitas Sumatra Utara (USU) Fakultas Hukum pada 1978. Kemudian, ia melanjutkan ke Virginia Commonwealth University pada 1986 dan berhasil meraih penghargaan Outstanding Graduate Student Award Virgina Commonwealth University.

Lalu, pada 1994 di North Carolina University berhasil meraih gelar doktor. Yasonna juga tergabung dalam Alpha Kappa Delta International Sosiology Honor Society pada 1987 dan Sigma Iota International Honor Society pada 1993. (ec)

tag: #Menkumham  #Kabinet Kerja Jokowi JK  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement