Bisnis
Oleh Yunan Nasution pada hari Minggu, 21 Des 2014 - 08:35:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Tiap Tahun, Kemenag Janjikan Beasiswa Bagi 1.000 Dosen PTAI

36Kemenag.jpg
Gedung kementerian agama (Sumber foto : kemenag.go.id)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kabar gembira datang dari Kementerian Agama (Kemenag) bagi para dosen perguruan tinggi agama Islam (PTAI) di seluruh Indonesia. Mulai 2015 mendatang, Kemenag akan menyediakan beasiswa bagi 1.000 orang dosen PTAI setiap tahun.

"Hal ini merupakan bagian dari beasiswa program doktor untuk semua dosen," kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (21/12/2014).

Kamaruddin menjelaskan pengiriman insan akademis ini dilakukan secara bertahap, setiap tahun 1.000 dosen hingga mencapai 5.000 dosen untuk waktu 5 tahun. Para dosen yang akan mendapatkan beasiswa tersebut akan mengikuti proses seleksi. "Karenanya, kita akan melakukan pemetaan terlebih dahulu, di setiap perguruan tinggi terkait kebutuhan doktor untuk bidang apa saja, setelah itu dibuat standarnya, ucap dia.

Menurut dia, beasiswa ini seluruhnya ditanggung Kemenag. Namun, Kamaruddin belum mengetahui rincian dana yang akan dikeluarkan kementerian tersebut untuk setiap tahunnya, baik yang belajar di dalam negeri maupun di luar negeri. "Soal dana ini standarnya sama yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan untuk mereka yang belajar di dalam negeri, dan juga ada standarnya untuk mereka yang belajar di luar negeri," terangnya.

Ia menjelaskan target dari pengiriman program doktor ini untuk menjadikan PTAI bermutu dan berkualitas serta go international. "Pemberian beasiswa doktor berlaku untuk semua bidang studi, baik agama maupun umum. Kita kirim mereka berbagai perguruan tinggi kelas dunia, juga termasuk di dalam negeri," pungkasnya.(ant)

tag: #Kemenag  #Beasiswa dosen  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement