TSBola
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 26 Sep 2016 - 09:00:23 WIB
Bagikan Berita ini :

FIFA Ancam Keluarkan Israel dari Keanggotaan

92fifa.jpg
Kantor FIFA (Sumber foto : Istimewa)

TEPI BARAT (TEROPONGSENAYAN) - Israel dianggap kerap melanggar aturan organisasi hak asasi manusia (HAM) dunia atau HRW, dengan tetap menduduki wilayah Palestina.

Atas tindakan itu, induk organisasi sepakbola dunia (FIFA) mengancam bakal mengeluarkan negara Yahudi tersebut dari keanggotaan FIFA.

Dilansir The Guardian, FIFA merujuk laporan HRW yang diterbitkan Senin sebelum petemuan Oktober mendatang. Selain itu terdapat juga sebuah petisi online yang ditandatangani 150 ribu orang serta surat terbuka dari puluhan anggota parlemen Eropa yang menyerukan FIFA bertindak atas pelanggaran HAM oleh Israel ini.

"Sebab klub-klub Israel bersangkutan, semua terletak di Tepi Barat yang masuk wilayah Palestina, diantaranya termasuk Beitar Givat Ze'ev, Beitar Ironi Ariel, Ironi Yehuda, Beitar Ironi Maale Adumim dan Hapoel Bik'at Hayarden, yang semuanya bermain di liga bawah Israel," dalam laporan The Guardian, Minggu (25/9/2016).

Langkah ini tentu ditentang asosiasi sepak bola Israel (IFA) dan oleh klub yang terlibat. Mereka mengatakan larangan bermain bagi warga pemukiman Yahudi akan menghukum pemain yang terlibat. Dan Israel mengklaim FIFA tidak memiliki wewenang untuk menentukan wilayah Israel.

Namun HRW menilai HRW FIFA memiliki kewenangan untuk menolak melegitimasi pendudukan Israel selama 49 tahun tersebut, dengan tidak mengizinkan permainan berlangsung.

"Dengan membiarkan IFA untuk mengadakan pertandingan di dalam pemukiman, FIFA terlibat dalam aktivitas bisnis yang mendukung permukiman Israel,'' kata HRW menjelaskan.(yn)

tag: #fifa  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSBola Lainnya
TSBola

Wonderkid Asal Palestina Dikontrak Jawara Serie A

Oleh Ferdiansyah
pada hari Rabu, 19 Okt 2016
TURIN (TEROPONGSENAYAN) - Rashed Al Hajjawi, talenta muda berdarah Palestina tampaknya tengah berbangga hati. Pasalnya, juara Serie A Liga Italia musim lalu, Juventus mengontrak bocah ...
TSBola

Agum Sedih Kongres PSSI Batal Digelar di Makassar

MAKASSAR (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komite Pemilihan PSSI, Agum Gumelar mengaku sedih atas keputusan FIFA yang menunda dan memindahkan lokasi Kongres PSSI 2016 dari Makassar, Sulawesi Selatan, ke ...