Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 09 Jan 2015 - 17:26:45 WIB
Bagikan Berita ini :
Penentuan Calon Kapolri

Pelibatan KPK dan PPATK Jangan Hanya Untuk Pencitraan

98icw logo.jpg
Logo ICW (Sumber foto : Dok.TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Pelibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) dalam penentuan pejabat tinggi negara jangan hanya untuk pencitraan. Apalagi untuk pejabat strategis seperti Kapolri atau Panglima TNI maupun Jaksa Agung.

"Pelibatan KPK dan PPATK harus benar-benar dilakukan, rekomendasinya juga harus menjadi pertimbangan, jangan hanya pencitraan. Atau jangan hanya melibatkan Kompolnas dalam menentukan calon Kapolri," kata Wakil Koordinator ICW, Agus Sunaryanto, Jumat (9/1).

Agus sangat menyesalkan Presiden Joko Widodo tidak melibatkan PPATK dan KPK saat memilih Jaksa Agung. Padahal posisi pejabat setingkat menteri itu merupakan pejabat publik yang akan menjadi salah satu penentu dalam penegakan hukum di Indonesia.

"Kami meminta Jokowi konsisten dan jangan melakukan blunder politik. Menurut saya pemilihan jaksa agung itu blunder politik. Jaksa agung muncul tanpa adanya kerjasama presiden dengan lembaga-lembaga itu. Kalau itu tidak dilakukan maka citra pemerintah bisa semakin buruk," ujar Agus.

Dengan pelibatan lembaga-lembaga independen itu, lanjut Agus, diharapkan pejabat khususnya para penegak hukum seperti Kapolri dan Jaksa Agung jauh dari masalah, diantaranya rekening gendut dan kasus-kasus lain.(ss)

tag: #Seleksi  #Kapolri  #ICW  #PPATK  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement