Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 21 Okt 2016 - 06:23:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Alasannya Biaya Eksplorasi Minyak Mahal

10at.jpg
Arcandra Tahar (Sumber foto : Istimewa)

PADANG (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyatakan biaya eksplorasi minyak yang disebutnya sebagai "rahasia tuhan" dalam rangka mencari cadangan baru itu mahal karena tingkat kesulitannya tinggi dan harus menggunakan teknologi mutakhir.

"Sekali mencari minyak di laut dalam, satu bor biayanya bisa sampai 250 juta dolar Amerika Serikat, biasanya dibutuhkan tiga sampai empat kali pencarian dengan total biaya mencapai Rp13 triliun," kata dia dalam kuliah umum bertema "Kebijakan Strategis Industri Migas Indonesia Perspektif Ekonomi dan Teknologi" di Universitas Andalas, Padang, Kamis (20/10/2016).

Oleh sebab itu, kata dia, minyak adalah rahasia Tuhan sehingga perusahaan hebat dengan teknologi canggih dan orang-orang terbaik dalam mencari minyak pun hanya satu kali berhasil mendapatkan minyak setelah lima kali mencarinya.

"Jika saat mencari tersebut ternyata tidak ditemukan minyak maka uang Rp13 triliun tadi sudah jadi abu, tidak berbekas sama sekali," kata Arcandra. "Pertanyaannya apakah ada orang Indonesia yang berani menanamkan uang Rp13 triliun dengan asumsi kalau dapat minyak oke, kalau tidak ketemu tidak apa-apa, hampir dipastikan tidak ada yang mau!"

Ia mengatakan karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mencari minyak, maka pihak yang berani melakukan itu dan siap dengan risiko kehilangan uang luar biasa banyak jika minyak tidak ditemukan adalah perusahaan asing.

"Kita butuh minyak, tapi tidak mau menanamkan uang diawal sebagai investasi, akhirnya pilihan jatuh pada investasi asing," ujar Arcandra.

Dia mengungkapkan, ada 70 eksplorasi minyak di Indonesia pada 2012, namun hingga 2016 turun sampai 16.

Ia mengatakan penyebab turunnya eksplorasi adalah pembubaran BP Migas dan PP 79 tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan dan Perlakuan Perpajakan Bagi Industri Hulu Migas.

"Jadi sewaktu kegiatan eksplorasi yang memiliki risiko tinggi, belum tentu perusahaan minyak (yang) dapat minyak sudah dikenakan pajak sehingga perusahaan asing memilih hengkang," katanya. "Oleh sebab itu dalam waktu dekat kami akan merevisi PP 79 tahun 2010 tersebut agar eksplorasi meningkat."

Dia menyebutkan saat ini Indonesia memiliki cadangan minyak 3,8 miliar barel dengan produksi 800 ribu barel per hari.

"Beranjak dari kondisi ini maka minyak hanya bisa diproduksi sampai 12 tahun lagi, sementara cadangan minyak dunia sekitar 50 tahun lagi," ujar dia.

Ia menyatakan cadangan minyak yang dimiliki Indonesia saat ini ada di laut dalam, Indonesia Deepwater Development (IDD), di Selat Makasar, Blok Masela dan beberapa di Natuna. (icl)

tag: #arcandra-tahar  #menteri-esdm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...