Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 11 Nov 2016 - 10:33:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Arcandra Ungkap Penyebab Terhambatnya Proyek Listrik 35 MW

90archandra_tahar.jpg
Arcandra Tahar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW) hingga kini berlum berjalan mulus. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar membeberkan beberapa penyebab terhambatnya proyek itu.

Pertama kata Arcandra, sulitnya proses pembebasan dan penyediaan lahan.

"Ini sudah diberikan jalan solusinya melalui Perpres Nomor 4 Tahun 2016," Katanya di Jakarta, Kamis (10/11).

Arcandra melanjutkan, masalah lainnya mengenai negosiasi harga antara PT PLN (Persero) dan perusahaan listrik swasta (IPP) yang sulit menemukan kesepakatan. Kemudian dari tahap pengadaan dan penawaran berjalan dengan lambat lantaran sepi peminat.

Aspek lainnya, kata dia, terkait perijinan yang berbelit-belit dan membingungkan bagi investor. Tapi kendala ini, lanjut dia sudah diatasi dengan penyederhanaan perijinan dari semula 53 izin dipangkas menjadi 22 izin.

Ia menuturkan, masalah berikutnya proses pengembang yang dilakukan oleh kontraktor tidak sesuai yang diharapkan. Menurut dia itu kelemahan manajemen proyek.

Menurutnya, terdapat kelemahan dari aspek koordinasi lintas sektor. Untuk mengatasi ini pemerintah, kata dia, membentuk tim percepatan infrastruktur penyediaan ketenagalistrikan.

"Juga ada ketidak percayaan investor hingga menuntut dari pemerintah memberikan kepastian hukum dan tataruang," ujar Arcandra.(yn)

tag: #arcandra-tahar  #pln  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...