Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 28 Nov 2016 - 10:15:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Indef : Pernyataan Kapolri Perburuk Ekonomi

90IMG_20161128_101315.jpg
Enny Sri Hartati, Direktur Eksekutif Indef (Sumber foto : Mandra Pradipta)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat Ekonomi yang juga Direktur Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartarti mengingatkan Polri sebagai bagian pemerintah bisa memenangkan situasi, bukan menambah kekisruhan. Sebab, pernyataan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dinilai justru memperburuk perekonomian.

“Seperti isu rush money yang terlontar dari medsos, mestinya Polri mengkormasi data faktual yang ada. Aakah memang ada penarikan dana yang luar biasa dari masyarakat, bagaimana tingkat kesehatan perbankan dan lain-lain yang mestinya dijadikan acuan. Bukan justru malah ikut-ikutan mengatakan ada potensi instabiltas dengan isu makar. Jadinya kan lucu karena pemerintah seperti tidak punya data dan seperti kata Kapolri bahwa data mereka dapatkan dari medsos dan google,” kata Enny di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Menurut Enny, yang namanya otoritas pemerintahan mestinya jika mendapatkan dan membagikan informasi harus diklarifikasi validasinya sehingga betul-betul semua keputusan dan kebijakan itu diputuskan dari data yang valid. Jika ada informasi yang tidak jelas seperti rush money itu harusnya pemerintah menenangkan dan menyampaikan data-data faktual yang valid, bukan malah menambah kegaduhan.

“Memang sekarang perkembangan IT banyak diaplikasikan dalam media sosial yang berkembang pesat, tidak bisa dikendalikan dan mudah diakses masyarakat. Sehingga apapun yang diperbicanangkan di medsos cepat sekali berkembang. Tetapi medsos bukan menjadi sumber data yang akurat. Masyarakat pun harus hati-hati dan aparat hukum terutama bukan malah ikut-ikutan latah,” ujar Enny.

Mengenai belum ditahannya Ahok oleh pihak kepolisian, Enny menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perekonomian. Selain faktor fundamental juga ada faktor seperti sentimen dan psikologis. Faktor sentimen dan psikologis ini tambahnya bisa membuka ruang terjadinya berbagai macam spekulasi.

“Kalau tidak jelas dan tegas maka faktor sentimen dan psikologis bisa mempengaruhi perekonomian yang bisa dilihat dari berbagai macam spekulasi. Dampaknya kalau banyak spekulasi, fluktuasi nilai tukar dan nilai saham sangat tinggi. Ada investor yang hari ini pergi dan dua hari kemudian masuk kembali. Ini jadi ancama bagi perekonomian,” paparnya.

Oleh karena itu kedepan Enny mengharapkan agar aparat penegak hukum melakukan koordinasi dengan semua yang terkait sebelum mengeluarkan pernyataan yang meresahkan dan itu harus dilakukan dengan smart dan tidak membabi buta. "Jangan menyampaikan informasi yang justru membuat redah mayarakat. Aparat hukum harusnya bisa meredam isu dan bukan malah membuat isu jadi bertambah liar,” tandasnya.(ris)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...