Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Rabu, 21 Jan 2015 - 13:02:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Siti Zuhro: Wantimpres Itu Harusnya Dihuni Para Begawan

44Siti Zuhro (mulkan).jpg
Siti Zuhro (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dilantik Presiden Joko Widodo, Senin (19/1/2015) menimbulkan reaksi negatif dari publik. Banyaknya orang partai politik, minimnya sosok yang punya kemampuan, serta adanya figur bermasalah yang diduga pernah menjadi bos judi, membuat publik kecewa kepada presiden.

Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro mengatakan, idealnya Wantimpres dihuni para begawan yang benar-benar memahami betul masalah krusial yang sedang dihadapi bangsa dan negara sekurang-kurangnya untuk lima tahun ke depan.

"Karena itu rekrutmen anggota Wantimpres tidak hanya didasarkan atas kedekatan dan kepentingan semata," ujar Zuhro kepada TeropongSenayan, Rabu (21/1/2015).

Zuhro menambahkan, dalam merekrut anggota Wantimpres, Presiden juga perlu mempertimbangkan aspek integritas, profesionalitas, kapabilitas dan kapasitasnya. "Sembilan program Nawacita yang hendak dieksekusi Presiden Jokowi, mensyaratkan anggota Wantimpres memahami dan mendalami program-program tersebut," tandasnya.

Menurut Zuhro, Wantimpres tidak akan mampu memberikan sejumlah pertimbangan kalau mereka tidak memahami dengan baik kebijakan-kebijakan terkait program Nawacita. "Wantimpres mesti efektif dalam menjalankan tugasnya supaya presiden mendapatkan masukan-masukan yang berharga, jernih, obyektif dan bermanfaat, solutif untuk Indonesia hebat," pungkas Zuhro.

Presiden Joko Widodo melantik sembilan orang anggota Watimpres di Istana Negara, Jakarta. Kesembilan nama tersebut, yakni Abdul Malik Fadjar (tokoh Muhammadiyah, mantan Menteri Pendidikan), KH. Hasyim Muzadi (mantan Ketua Umum PBNU), Yusuf Kartanegara (Sekjen PKPI), Suharso Monoarfa (politisi PPP), Rusdi Kirana (Wakil Ketua Umum PKB, bos Lion Air), Subagyo HS (mantan KASAD), Sri Adiningsih (ekonom), Sidarto Danusubroto (mantan ketua MPR/poltikus PDIP), Jan Darmadi (Ketua Majelis Tinggi Nasdem).(yn)

tag: #Presiden Jokowi  #Jokowi  #Wantimpres  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...