Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 07 Des 2016 - 14:20:40 WIB
Bagikan Berita ini :
Bahas APBD 2017

Beda dengan Ahok, Plt Gubernur DKI Janji Terus Bersinergi dengan DPRD

86sumarsono-kiri.jpg
(ki-ka) Sumarsono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono menegaskan, pihaknya akan terus bersineri dengan DPRD untuk mempercepat pembahasan sekaligus penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 DKI Jakarta.

"Kuncinya hanya satu, kita lakukan interaksi yang lebih mengena di hati mitra kerja kita yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kita 'nguwongke' (memanusiakan) mereka," kata Sumarsono di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Pria yang akrab disapa Soni itu menjelaskan, APBD ibukan hanya milik salah satu pihak tetapi milik eksekutif dan legislatif. Sehingga dalam penyusunannya pun, semua pihak harus ikut terlibat aktif.

"Kalau mereka (DPRD) tidak terlibat, lah ngapain dong harus ada DPRD yang merupakan perwakilan aspirasi rakyat?," tuturnya.

Menurutnya, kemampuan dalam membangun komunikasi interaktif dengan DPRD sangat penting untuk menuju kesepakatan rancangan APBD antara DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

"Hasilnya, saat ini APBD sudah dalam tahap pembahasan sepertinya akan lebih cepat dan akan selesai. Pada tanggal 19 Desember paling lambat sudah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," tandasnya.

Diketahui, gaya Soni ini berbeda dengan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang selama dua tahun memimpin terkesan kerap bersebrangan dengan DPRD. Akibatnya, banyak program Pemda yang dianggap tidak berjalan dengan baik. (yn)

tag: #apbd-2016  #dprd-dki  #plt-gubernur-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...