Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 13 Jan 2017 - 06:45:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Soni Gerak Cepat Tangani Banjir Rob di Jakarta Utara

182.jpg
Soni Sumarsono (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pemprov DKI Jakarta sedang fokus melakukan berbagai upaya penanganan masalah banjir rob yang hingga kini kerap melanda wilayah Jakarta Utara. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan pihaknya pun telah menggelar rapat untuk membahas penanganan masalah tersebut bersama dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

"Kami sudah gelar pertemuan dengan sejumlah SKPD terkait. Untuk menangani masalah rob, harus dibangun tanggul yang besar dan tinggi, sehingga air tidak melimpah ke mana-mana," kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Menurut dia, banjir yang kerap melanda wilayah Jakarta Utara, terutama di kawasan Muara Angke, bukan disebabkan oleh hujan lokal, melainkan karena naiknya permukaan air laut sehingga meluap.

"Permukaan air laut itu naik, kemudian meluap hingga melewati tanggul. Jadi, bukan bajir karena hujan lokal, tapi karena rob. Masalah banjir rob itulah yang jadi fokus kami sekarang," ujar Sumarsono.

Dia menuturkan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut, yakni dengan mengembangkan kawasan terpadu Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara. Lebih lanjut, dia mengungkapkan pembenahan pelabuhan tidak hanya difokuskan pada transportasi laut saja, tetapi juga pengembangan kawasan pelabuhan itu sendiri.

"Kawasan pelabuhan itu harus lebih dikembangkan lagi. Rencananya, tahun ini akan dibangun tanggul di situ. Dengan begitu, air rob tidak masuk sampai ke pemukiman warga," tutur Sumarsono. (Antara/icl)

tag: #dki-jakarta  #plt-gubernur-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...