Profil
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 25 Feb 2017 - 17:41:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Taruna Ikrar, Profesor Indonesia Jadi Dekan Universitas di Amerika Serikat

81IMG_20170225_172406.jpg
Profesor Taruna Ikrar (Sumber foto : Istimewa )

CALIFORNIA (TEROPONGSENAYAN)--Profesor Taruna Ikrar terpilih menjadi dekan pada California School of Biomedical Sciences (CSBS). Lembaga pendidikan ilmu kedokteran tersebut berada di bawah The National Health University (NHU), yang berlokasi di California, Amerika Serikat (AS).

“Tanggung jawab ini, selain sebuah pengabdian, juga merupakan kehormatan bagi kami dan tentu saja sebagai putra Indonesia, akan membawa nama besar Indonesia di masa yang akan datang,” kata Prof Taruna Ikrar dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (25/2/2017).

Dalam situs resmi CSBS disebutkan, Prof Taruna Ikrar merupakan seorang ilmuwan kelas dunia yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Pria kelahiran Makassar 1969 itu telah melakukan pelbagai riset dengan penemuan-penemuan penting di bidang biomedis atauneurosains.

Sampai saat ini, lebih dari 60 publikasi ilmiah telah ditulis Prof Taruna Ikrar. Beberapa di antaranya terbit pada jurnal ilmiah yang berprestise tinggi, antara lain Nature dan Science, sehingga menjadi salah satu rujukan bagi ilmuwan dari seluruh dunia

Prof Taruna Ikrar tercatat sempat bekerja di sejumlah kampus ternama dunia, antara lain Niigata University (Jepang) and University of California, Irvine (Amerika Serikat). Nantinya selama menjabat sebagai dekan CSBS, kata Taruna, pihaknya berencana menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi Indonesia yang membina pendidikan kedokteran.

“Ada rencana pengembangan kerja sama dengan Indonesia di bidangneurosciences,telemedicine, dantropical infections, sertaadvanced medicine. Demikian pula, (CSBS) akan berupaya meningkatkan jumlah mahasiswa pascasarjana dan program doktoral serta penelitian bersama multinasional,” tutur mantan salah satu PB HMI ini.

Taruna Ikrar menjelaskan, CSBS termasuk unggul di dunia dalam bidangadvanced medicinekarena telah menghasilkan penemuan-penemuan penting. Bidangadvanved medicineitu sendiri terdiri atas lima prinsip, yaituCell Therapy(pengobatan yang bertumpu pada sel punca);Growth Factors Stimulations(GFS, temuan yang memanfaatkan dan memperkuat sistem imun tubuh);Particles Therapy(memanfaatkan partikel XTI);Nano-Therapy(pengembangan dari nanoteknologi); danGene-Therapy(rekayasa genetika terkait pengembanganmultiple center).(red/rep)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Profil Lainnya
Profil

Nata Irawan, Anak Pasar yang Pernah Jadi Pj. Gubernur

Oleh Aris Eko
pada hari Jumat, 15 Sep 2023
TEROPONG SENAYAN-- Lahir dari orang tua asal pelosok desa di Lampung dan lekat dengan kehidupan keras di pasar di Jakarta bukan menjadi halangan bagi remaja Nata Irawan meniti karir dan kehidupan. ...
Profil

Forum FIP-JIP dan Peta Jalan Pendidikan 318

Pada 9-11 November 2021, Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Forum Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) dari seluruh Lembaga Pendidikan ...