Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Kamis, 08 Jun 2017 - 11:02:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Garap Sektor Energi dan Infrastruktur, PGN Gandeng PJT II

56PGN-PJT II.jpg
Usai penandatanganan Nota Kesepahaman [MoU] antara Dirut PGN Jobi Triananda Hasjim dengan Dirut PJT II Djoko Saputro, di Purwakarta, Rabu [7/6/2017]. (Sumber foto : pgn)

PURWAKARTA [TEROPONGSENAYAN] – Untuk meningkatkan bisnis di sektor energi hingga infrastruktur, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Jasa Tirta (PTJ) II. Kerja sama antara PGN dan PJT II tersebut tertuang dalam penandatangan Nota Kesepahaman yang ditandatangani di Purwakarta, Rabu (7/6/2017).

"Ini merupakan bentuk sinergi antara BUMN dan dukungan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Direktur Utama PJT II Djoko Saputro, usai penandatangan kerja sama, di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Sedangkan ruang lingkup kerja sama kedua BUMN tersebut di antaranya meliputi, sinergi penyediaan energi, sinergi pengelolaan infrastruktur, sinergi pengembangan bisnis, sinergi pengembangan wilayah, dan sinergi lainnya. "Dengan adanya sinergi antara PGN dan PJT II, diharapkan penguatan ketahanan pangan dan energi dapat diimplementasikan oleh BUMN," kata Djoko.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim menambahkan, dengan adanya kerja sama dengan PJT II, akan semakin mempercepat PGN dalam pembangunan infrastruktur gas bumi. Salah satunya dalam penyediaan lahan untuk pembangunan pipa gas bumi PGN.

"Lahan-lahan PJT II yang cukup luas dan mencakup berbagai wilayah dapat dioptimalkan dalam pengembangan infrastruktur pipa gas bumi. Sehingga, ke depan kami mempercepat PGN dalam membangun infrastruktur gas bumi," kata Jobi.

Jobi menambahkan, saat ini PJT II memiliki banyak proyek pembangunan infrastruktur pipa air minum. Dengan adanya kerja sama tersebut, PGN yang memiliki kompetensi dalam pembangunan infrastruktur pipa gas, bisa mendukung proyek-proyek PJT II tersebut. "Bahkan saat ini PJT II memiliki produksi air minum. Bagaimana PJT II bisa memasok kebutuhan air minum kantor-kantor PGN yang ada di 19 kota di 12 provinsi/kabupaten," ungkap Jobi.

Saat ini PGN menyalurkan gas bumi secara langsung ke pelanggan domestik mencapai 168.973 pelanggan, dengan rincian lebih dari 165.392 pelanggan rumah tangga, lebih dari 1.929 pelanggan sektor usaha kecil, komersil, hotel, rumah sakit, restoran hingga rumah makan. Serta lebih dari 1.652 pelanggan industri manufaktur berskala besar dan pembangkit listrik.

Sedangkan PJT II kini mengelola dan mengembangkan sektor sumber daya air mulai dari irigasi untuk lahan pertanian masyarakat, penyediaan air baku untuk pengolahan air bersih, pariwisata air, hingga penyediaan energi berbasis PLTA. [b]

tag: #bumn  #pgn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement