Berita
Oleh Aris Eko pada hari Rabu, 18 Feb 2015 - 22:12:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Batal Lantik Komjen BG, Ini Alasan Lengkap Presiden Jokowi

45Jokowi-JK-BatalBG-Setkab.jpg
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla Saat Mengumumkan Calon Baru Kapolri, Rabu (18/2/2015) (Sumber foto : setkab.go.id)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Bertempat di ruang credential, Istana Merdeka, Rabu siang (18/2/2015) Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Presiden memilih mengajukan calon baru Kapolri ke DPR.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga memberhentikan dua pimpinan KPK karena menjadi tersangka. Sebagai gantinya, diangkat Taufiqurahman Ruki, Prof Indriyanto Senoadji dan Johan Budi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Pimpinan KPK.

Saat mengumumkan keputusannya itu Presiden Jokowi yang mengenakan baju putih itu didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Usai pengumuman Mensesneg Pratikno yang melayani pertanyaan wartawan.

Berikut keterangan Presiden Jokowi selengkapnya seperti dimuat dalam situs www.setkab.go.id

Assalamu alaikum Wr. Wb,

Selamat Siang, salam sejahtera bagi kita semua

Hari ini saya akan berbicara masalah yang berkaitan dengan Polri dan KPK.

Yang pertama, mengingat bahwa pencalonan Komisaris Jenderal Polisi Drs Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat masyarakat, maka untuk percepatan ketenangan serta memperhatikan kebutuhan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk segera dipimpin oleh seorang Kapolri yang definitif, maka hari ini kami mengusulkan calon baru, yaitu Komisaris Jenderal Polisi Drs Badrodin Haiti untuk mendapatkan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat sebagai Kapolri.

Yang kedua, saya memutuskan saudara Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi Kepolisian Republik Indonesia agar makin profesional dan dipercaya masyarakat. Kontribusi ini dapat dilakukan dalam posisi dan jabatan apa pun yang nanti diamanahkan kepadanya.

Yang ketiga karena adanya masalah hukum pada dua pimpinan KPK, yaitu saudara Abraham Samad dan saudara Bambang Widjojanto, serta satu kekosongan pimpinan KPK, maka sesuai peraturan perundangan yang berlaku, saya akan mengeluarkan Keppres pemberhentian sementara dua pimpinan KPK, dan selanjutnya akan dikeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau Perppu untuk pengangkatan anggota sementara pimpinan sementara KPK, demi keberlangsungan kerja di lembaga KPK.

Setelah itu diikuti dengan penerbitan 3 Keppres pengangkatan 3 orang anggota sementara pimpinan KPK yaitu, saudara Taufiqurrahman Ruki, saudara Profesor Dr Indriyanto Senoadji, dan saudara Johan Budi.

Saya menginstruksikan kepada Kepolisian Republik Indonesia dan meminta KPK untuk mentaati rambu-rambu atau hukum dan kode etik untuk menjaga keharmonisan hubungan antara lembaga negara.

Demikian yang bisa saya sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
(ris)

tag: #jokowi  #jk  #pratikno  #komjen bg  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...