Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 10 Agu 2017 - 04:54:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Tiga Helikopter Pembom Air Disiagakan di Sumsel

97kebakaranhutanhelikopter.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

PALEMBANG (TEROPONGSENAYAN) - Tiga unit helikopter MI-17 untuk pemboman air disiagakan di Palembang untuk mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan di Sumatra Selatan (Sumsel).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Rabu (9/8/2017) mengatakan, sementara ini BPBD menilai bahwa ketersediaan armada udara ini telah mencukupi untuk menangani kejadian karhutla di Sumsel yang memiliki lima kabupaten rawan karhutla.

"Tiga helikopter ini sudah cukup. Tapi jika ada kejadian luar biasa, BPBD bisa meminta armada tambahan ke BPBD pusat," kata Iriansyah.

Ia mengatakan helikopter M-17 ini sejauh ini cukup efektif untuk membantu mengatasai Karhutla terutama untuk kawasan yang tidak dapat dijangkau melalui darat. Seperti saat kejadian di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kebakaran hutan yang terjadi pada 5 hinga 7 Agustus 2017 itu telah menghanguskan sekitar 200 hektare.

"Jika tidak dibantu pemadaman melalui udara, bisa jadi semua hamparan di Ogan Ilir akan habis," kata dia.

Selain tiga unit helikopter, terdapat juga satu unit pesawat cassa untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca yakni menabur garam ke udara. Menurut Iriansyah kegiatan ini setiap hari dilakukan sejak akhir Juli dengan target menyemai garam sebanyak satu ton per hari.

Sejak 7 Agustus hingga hari ini selalu terjadi hujan di beberapa kabupaten/kota di Sumsel meski dengan debit yang rendah hingga sedang 0-22 mm/jam. Terkait dengan status bencana Karhutla, menurut Iriansyah belum ada perubahan yakni masih berstatus siaga. "Kewaspadaan terus ditingkatkan dari Agustus hingga September karena ini menjadi bulan puncak kemarau," kata dia.

Sumsel meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya Karhutla berkaca pada kejadian hebat pada 2015 yang telah menghanguskan lahan dan hutan sekitar 700 ribu hektare di lima kabupaten. Pada 2016, Sumsel berhasil menekan kejadian Karhutla 97 persen berkat upaya deteksi dini dan kondisi cuaca yang mengalami kemarau basah. (Ant/icl)

tag: #bnpb  #karhutla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...