Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 24 Agu 2017 - 06:18:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggito Bantah Dana Haji Digunakan untuk Infrastruktur

37anggoto.jpg
Anggito Abimanyu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu membantah kabar dana haji akan digunakan untuk proyek infrastruktur. Menurutnya, kabar tersebut dihembuskan oleh pihak luar.

"Saya ingin klarifikasi BPKH yang baru dibentuk pemerintah tiga bulan ini tidak pernah menyebut dana haji akan dikelola untuk infrastruktur," kata Anggito dalam acara diskusi publik soal dana haji di Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Anggito menjelaskan tidak ada kewenangan BPKH untuk menentukan dana haji diluar peruntukannya. Karena dana haji adalah milik jamaah haji Indonesia. Tapi yang berkembang di masyarakat, kata dia, seolah BPKH akan mengatur dana haji ini untuk membantu pembangunan proyek infrastruktur pemerintah.

"Kami baru tiga bulan dilantik, belum sampai membahas akan dikelola seperti apa dana haji. Masih pembenahan organisasi, kantor aja kami belum punya," ujar mantan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama ini.

Karena itu Anggito heran ketika banyak tokoh dan aktivis Termasuk ketika Yusril Ihza Mahendra, yang menyerangnya, seolah olah ia tidak berhak menentukan dana haji untuk infrastruktur. Padahal ia sendiri tidak pernah menyebut hal tersebut.

Anggito menyebut soal akan diapakan dana haji yang saat ini mencapai 97 triliun, adalah DPR dalam hal ini Komisi VIII yang akan menyetujui akan diapakan dana haji ini. Jadi semua itu tergantung DPR apakah disetujui untuk dikelola seperti apa.

"Dalam waktu dekat ini BPKH baru akan bertemu Komisi VIII terkait pembahasan organisasi dan rencana strategis kedepan," ujar Anggito. (Rep/icl)

tag: #dana-haji  #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...