Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 03 Mar 2015 - 17:44:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Menyanjung, Siti Zuhro Bilang Kongres PAN Patut Ditiru

46c647b83a3d896e38922f933f7ecf264d8eb578f4.jpg
Siti Zuhro, Ahli Politik LIPI (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Partai-partai politik diminta meniru kongres Partai Amanat Nasional (PAN). Menurut Siti Zuhro, kongres ke IV partai ini dinilai berlangsung demokratis dan lancar serta tidak memunculkan perpecahan.

"Kongres PAN ke-IV yang dilakukan secara demokratis bisa dijadikan role model (contoh-red) bagi partai-partai lain yang akan melakukan munas/kongres," kata Siti, ahli politik LIPI pada TeropongSenayan, Selasa (03/03/2015) di Jakarta.

Menurut Siti, belakangan ini jika berlangsung kongres atau munas langsung dikaitkan dengan ricuh dan memunculkan perpecahan akibat ketidakpuasa bagi yang kalah sehingga memicu dualisme. Namun tidak dengan munas PAN.

"Suksesi ala PAN berlangsung relatif damai, dua kandidat tampak cool dan dapat meredam emosi para kader. Keduanya kandidat terbaik yang dimiliki PAN dan diminati pemiliki suara di kongres. Buktinya selisih suaranya kecil sekali, hanya 6 saja," katanya.

Siti mengatakan Kongres PAN juga bisa mempertontonkan proses pemilihan yang relatif transparan serta fair. Selain itu juga tidak musti dilakukan secara aklamasi untuk mendapatkan seorang pemimpin partai.

Siti berharap PAN akan menjadi partai kader, partai modern yang mengedepankan merit system, promosi kader yang transparan dan akuntabel. Tidak kalah penting partai ini harus menjauhi praktek patronase dan atau nepotisme dan kolusi.

"Sudah saatnya PAN mengedepan dalam menjadikan partai sebagai pilar penting demokrasi dan aset negara. Partai adalah rumah demokrasi yang tugasnya menyiapkan kader-kader calon pemimpin," katanya.(ris)

tag: #siti zuhro  #pan  #lipi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement