Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 30 Sep 2017 - 17:05:32 WIB
Bagikan Berita ini :

KY Akan Telusuri Dugaan Pelanggaran Hakim Praperadilan Setya Novanto

2KY.jpg
Komisi Yudisial (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Yudisial (KY) akan telusuri dugaan kode etik Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar dalam menangani gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto. Seluruh proses sidang gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto itu sudah dipantau oleh KY.

Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari mengatakan bahwa mulai Senin 2 Oktober 2017 pekan depan, pihaknya mengkaji lebih dalam hasil pantauannya itu.

"Kita pun mencoba mencari dimensi pelanggaran kode etiknya," kata Aidul di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2017).

Namun, dia enggan membeberkan hasil pantauan KY terhadap seluruh proses sidang praperadilan Setya Novanto.

"Selama pemantauan kan kita tidak boleh melakukan tindakan untuk menanggapi proses peradilan, baru kemarin Jumat (putusannya), mungkin mulai Senin besok baru kita kaji lebih dalam," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, umumnya proses kajian itu memakan waktu paling lama 60 hari. Namun, jika dipercepat bisa hanya dua minggu.

"Kita sudah mengumpulkan saksi dan bukti, nanti kita konfrontir satu sama lain, kalau memang ditemukan dugaan pelanggaran, kita akan memeriksa Pak Cepi sendiri," paparnya.

Adapun sanksinya, dia belum bisa memprediksi. Akan tetapi, jika menyangkut profesionalisme, sanksinya berupa non palu atau tingkat sedang.

"Sanksi terberat pemberhentian. Tapi pemberhentian biasanya kalau memang ada suap, atau narkoba, perselingkuhan‎," tandasnya. (icl)

tag: #komisi-yudisial  #kpk  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...