Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Kamis, 26 Mar 2015 - 17:13:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Margarito : Wajib Hukumnya Presiden Jelaskan Pembatalan BG

87margarito.jpg
Pakar Hukum Tatanegara Margarito Kamis (Sumber foto : Mulkan Salmona)
Teropong Juga:

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Pakar hukum tata negara Margarito Kamis mendukung sikap Fraksi PDIP di DPR yang meminta klarifikasi kepada Presiden Joko Widodo yang batal melantik Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri.

Menurut Margarito, Presiden Joko Widodo wajib menjelaskan secara tertulis alasan tidak dilantiknya BG menjadi Kapolri setelah DPR mengesahkannya dalam rapat paripurna. "Itu merupakan kewajiban konstitusional yang harus dijelaskan presiden," ujar Margarito kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Margarito menambahkan presiden tidak dapat begitu saja mengajukan nama baru calon Kapolri dengan menganggap 'sepi' proses konstitusi yang sudah berlangsung di DPR terhadap BG.

Karena itu, Margarito mendukung langkah Fraksi PDIP. "Sebagai partai yang berhasil menempatkan kadernya sebagai presiden, PDIP harus menjadi pelopor penegakan konstitusi," tambah Margarito.

Menurut Margarito klarifikasi tertulis dari presiden tentang pembatalan pelantikan Kapolri merupakan masalah serius konstutusional yang tidak boleh dilanggar.

Bahkan, lanjut Margarito, jika DPR merasa tidak puas atas klarifikasi presiden, DPR bisa menggunakan hak angket untuk menyelediki penyebab sebenarnya pembatalan pelantikan BG menjadi Kapolri. (ec)

tag: #Kisruh Pembatalan Komjen BG  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement