Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 05 Jan 2018 - 05:42:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Butuh 1 Triliun, Pemerintah Bakal Gandeng Swasta Pindahkan Ibu Kota

35(KabinetKerja)BambangV.jpg
Bambang Brodjonegoro (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengatakan, kajian berisi tentang kebutuhan yang diperlukan untuk memindahkan ibu kota. Hasil kajian Bappenas menunjukkan, kebutuhan yang diperlukan untuk memindahkan ibukota melebihi Rp 1 triliun.

Kebutuhan anggaran tersebut tidak akan dipikul APBN sendiri. Pemerintah akan juga melibatkan swasta.

"Kami dalam diskusi penyiapan kajian, kami juga sudah berinteraksi dengan pengusaha untuk melihat sejauh mana minat mereka jika dilibatkan kerja sama pemerintah swasta dalam pemindahan ibukota," katanya di Kantor Bappenas Kamis (4/1/2018).

Selain anggaran, kajian awal yang berisi opsi kota yang akan dijadikan ibu kota pengganti Jakarta. Bambang enggan menyebut nama kota yang diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

Tapi dia membuka kriteria kota yang diusulkan ke presiden. Kriteria pertama, kecil risiko bencana. Kriteria kedua, berkaitan dengan infrastruktur. Bappenas mengajukan usul agar kota yang dipilih nantinya dekat dengan infrastruktur yang memadai.

"Meskipun nantinya pemerintah akan membangun kota baru untuk ibukota, ketika dekat dengan infrastruktur, itu akan lebih efisien," katanya.

Bambang mengatakan, Presiden Jokowi belum memberikan komentar dan arahan lebih lanjut atas hasil kajian awal pemindahan ibu kota tersebut. (icl)

tag: #bappenas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Wacana Pembentukan Presidential Club, Barikade 98 Sebut Hanya Gimmick PolitikĀ 

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 08 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pembentukan Presidential Club yang diusulkan Prabowo Subianto dianggap hanya sebagai gimmick politik. Bahkan menjadi bentuk ketidakpercayaan diri sang presiden terpilih ...
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...