Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 21:23:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Ideologi PKI Disebut Bisa Bangkit Lagi

46pki.jpg
PKI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Laksda TNI (Purn) Soleman Ponto mengatakan, Partai Komunis Indonesia (PKI) memang tidak akan bangkit lagi. Namun, sebagai sebuah ideologi memang masih tetap ada sampai sekarang meski sudah bangkrut di mana-mana.

"Harus diingat juga bahwa indikasi bangkitnya PKI sekarang ini lebih pada konteks orang-orangnya masih sama, kondisi lingkungan sekitarnya masih sama sehingga sangat mungkin itu bangkit kembali," ujarnya di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Dia memberikan, contoh soal kasus Palu Arit di Banyuwangi yang sekarang sedang ramai dibicarakan. Dia berpandangan, isu komunis sering kali muncul ke permukaan ketika ada momen politik seperti pilkada ataupun pilpres.

"Ini bisa menjadi isu dalam pertarungan politik, tapi bahwa dalam konteks hari ini isu lama seperti Nasakom (nasionalis, agama, komunis) akan selalu bertarung ya. Kembali lagi karena orang dan lingkungan masih sama-sama," jelasnya.

Sebagai mantan prajurit TNI, Soleman berpendapat bahwa PKI itu sudah mati tetapi sebagai ideologi masih akan selalu ada.

"Tentang kasus Palu Arit di Banyuwangi itu, memang basis tradisional PKI dari dulu ya di daerah-daerah itu. Maka jangan heran kalau hari ini mulai ada gerakan untuk bangkit kembali," pungkasnya. (icl)

tag: #komunisme  #pki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...