Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 19 Jan 2018 - 20:03:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Merusak Laut, Kemenperin Dukung Pengawasan Kapal Cantrang

84cantrang.jpg
Ilustrasi nelayan menurunkan alat jaring cantrang (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kementerian Perindustrian mendukung pengawasan penggunaan alat tangkap jenis cantrang. Sebelumnya, pemerintah memberi waktu transisi bagi nelayan untuk beralih alat tangkap. Waktu transisi ini membuka kesempatan nelayan kembali menggunakan cantrang untuk batas waktu yang belum ditentukan.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto mendukung kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang penggunaan alat tangkap cantrang. Meski diizinkan kembali, penggunaan cantrang dinilai perlu tetap diawasi.

Panggah menjelaskan, apabila penggunaan cantrang tidak diawasi maka alat tangkap tersebut akan merusak biota laut dan merusak sistem produksi ikan. Ia mengatakan, stok ikan akan lama-lama habis, sebab cantrang mengambil hingga ke anak ikan.

"Saya mendukung apa yang dilakukan, memang kalau tidak dikendalikan, tidak diawasi dengan ukuran yang giant tadi, kemudian tidak ada kontrol tentu akan lama lama akan destruktif," ujar Panggah di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Panggah mengatakan penggunaan cantrang yang semena-mena akan membuat penangkapan berlebihan (overfishing). Jika ada overfishing dinilai akan berdampak pada keberlanjutan industri perikanan. Hal itu akan berdampak pada industri berjalan karena stok ikan yang tak mencukupi maka industri akan gulung tikar.

"Jadi tetap harus dimanajemeni dengan baik. Jangan sampai investasi untuk industri besar besaran tapi tata kelola perikanan juga tidak baik," ujar Panggah. (icl)

tag: #kementeri-kelautan-dan-perikanan  #kementerian-perindustrian  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...