Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 22 Jan 2018 - 17:21:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Rekomendasinya Soal Impor Garam Tak Digubris, Menteri Susi Meradang

90susiPudjiastuti.jpg
Susi Pudjiastuti (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku kecewa lantaran rekomendasinya soal impor garam industri tak digubrisKemenko Perekonomian dan Kementerian Perdagangan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan merekomendasikan impor garam sebesar 2,17 juta ton. Namun, keputusan yang diambil melalui dua kementerian melebihi dari rekomendasi, yakni 3,7 juta ton.Angka tersebut direkomendasikan karena, menurut Susi, hasil garam petani masih cukup bagus.

“Keputusan kuota 3,7 juta ton ini melebihi rekomendasi kami. Kementerian Koordinator Perekonomian dan Kementerian Perdagangan tidak mengindahkan rekomendasi KKP,” kata Susi dalam rapat bersama Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Kebijakan impor garam, sambung Susi, sudah dilakukan jauh sebelum dia menjadi menteri. Ia meminta kebijakan tersebut tak dipolitisasi.

“Memang sudah 15 tahun kita impor garam, sehingga saya mohon jangan dipolitisasi,” tuturnya.

Kementerian Kelautan, kata Susi, sudah menyadari dan mengamati di lapangan bahwagaramdalam negeri cukup untuk konsumsi masyarakat, meskipun harganya akan naik.

“Betul memang, kalau begitu, harga akan jadi naik. Tapi justru itu yang bisa menguntungkan petani,” ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah siap mengimpor 3,7 juta tongaramindustri untuk memenuhi kebutuhan industri. "Kami memutuskan 3,7 juta ton impor saja, tapi itu tidak sekaligus juga, dilihat berapa kemampuan sebulan," ucap Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution seusai rapat koordinasi terbatas mengenai garam industri di Jakarta, Jumat lalu.

Darmin berujar, permintaan impor garam industri diajukan Kementerian Perindustrian. Alasannya, garam industri tidak diproduksi di dalam negeri, padahal komoditas ini dibutuhkan untuk mendorong produksi.(yn)

tag: #garam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...