Lampung
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 23 Jun 2018 - 22:49:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Rakata Institute: Arinal-Nunik Diprediksi Menang di Pilgub Lampung

84a-1068x712.jpg.jpg
Empat pasangan calon (paslon) gubernur-wakil gubernur Lampung untuk Pilgub 2018. (Sumber foto : Ist)

BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga survei Rakata Institute merilis hasil survei terbarunya dengan menempatkan elektabilitas pasangan Arinal Djunaidi–Chusnunia Chalim (Nunik) unggul dibandingkan paslon lain.

Paslon nomor urut tiga ini sebesar 33,30 persen mengunggulipasangan nomor urut satu Ridho Ficardo–Bahtiar Basri yang meraih 23,30 persen dan pasangan nomor urut dua Herman HN-Sutono sebesar 31,30 persen sertapasangan nomor urut empat Mustafa–Ahmad Jajuli meraih 10,50 persen.

Artinya, jika Pilgub Lampung digelar hari ini, menurut Rakata Institute, pemenangnya adalah Arinal-Nunik.

“Paslon Arinal-Nunik unggul dengan 33,30 persen, disusul Herman HN-Sutono 31,30persen, Ridho Ficardo-Bachtiar Basri 22,30 persen dan Mustafa-Jazuli dengan 10,50 persen. Sedangkan swingvotter 2,6 persen,”kata Direktur Rakata Institute,Eko Kuswantodi kota Bandar Lampung, Sabtu (23/6/2018).

Rakata Institue melakukan survey pada pertengan bulan Juni 2018. Menurut Eko, tren peningkatan jumlah pemilih untuk nomor tiga terus naik setiap bulan sehingga hasilnya telah didapatkan.

"Animo masyarakat untuk pemilih tahun ini sangat tinggi, sehingga sangat berpengaruh pada tren pemilih nomor urut tiga," ungkap dia.

Terkait data yang keluar di media sosial beberapa waktu lalu memang benar milik Rakata Institute, yang tidak diketahui bagaimana data tersebut bisa keluar sebab pihaknya tidak ingin melakukan publikasi pada survey terakhir.

"Hari ini melakukan konfrensi pers karena beredarnya hasil survei Pilgub milik kami," katanya.

Sekali lagi, ditegaskan dia, bahwa Rakata Institute terdaftar di KPU sebagai penyelenggara quick count bukan survey tapi pihaknya tidak ingin melakukan publikasi ini dilakukan karena survey yang dilakukan keluar. "Saya tidak tahu bagaimana bisa bocor," ungkapnya.

Kemudian metode yang dipakai dalam survei ini adalah stratified random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) plus minus tiga persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.(Alf)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lampung Lainnya
Lampung

Ini Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Terpilih Pemilu 2019

Oleh Fitriani
pada hari Minggu, 05 Mei 2019
BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota ...
Lampung

Lampung Barat Segera Punya Sekolah Kopi Tahun Depan

BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tahun depan mulai membangun sekolah kopi, karena untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional perkopian. Pembangunan sekolah ...