Jakarta
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Kamis, 30 Agu 2018 - 09:43:38 WIB
Bagikan Berita ini :

LRT Punya Enam Masinis Wanita

81Sadiyah-Utami-LRT-Amel.JPG.JPG
Salah seorang masinis LRT Jakarta, Sadiyah Utami saat berbincang dengan awak media di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Rabu (29/8/2018) (Sumber foto : Amelinda Zaneta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Jakarta Light Rail Transit (LRT) rute Stasiun Velodrome dan Stasiun Kelapa Gading Mall melakukan uji coba untuk umum.

Uji coba LRT yang dilakukan pada Rabu (29/8/2018) itu dioperasikan seorang wanita. Adapun jumlah masinis wanita yang mengoperasikan LRT Jakarta berjumlah enam orang.

Sadiyah Utami, salah seorang masinis wanita menceritakan pengalaman mengoperasikan kereta ringan tersebut.

“Menurut saya lebih menantang aja jadi masinis LRT, biasanya lihat kereta di bawah, ini keretanya di atas,” kata Utami di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (29/8/2018).

Utami mengaku, dia telah melewati berbagai tes sebelum diterima sebagai masinis LRT Jakarta.

“Seleksinya kita kayak perusahaan lain sih kayak tes wawancara, kesehatan, ada tes tulis. Interview ada teknis tentang kereta itu kayak gimana sama ada tentang diri kita sendiri. Masinisnya harus ikut diklat dulu,” paparnya.

Selain itu, Utami menjelaskan perbedaan kereta api commuter dengan LRT. Perbedaan mendasar terletak pada lokomotif dan pengoperasiannya.

“Beda, karena kereta ini listrik kalau biasa itu kan masih menggunakan lokomotif. Kalau ini double cabin jadi kabinnya nyatu sama kereta penumpang. Kalau kereta jarak jauh itu ada lokomotif nya dan ada kereta penumpang. Itu membedakan, untuk sekarang hampir semuanya sudah menggunakan teknologi seperti ini,” jelasnya.

Total 25 masinis yang dipekerjakan di LRT Jakarta. Enam diantaranya wanita dan lima lainnya masinis senior.(yn)

tag: #lrt  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...