Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 06 Des 2018 - 12:52:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Ingin Harga dan Pasokan Pangan Stabil untuk Warga Jakarta

66756-anies_baswedan_di_pasar_induk_kramatjati_netralnewsadiel_manafe.jpg.jpg
Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin (kiri) saat mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan sidak di Pasar Induk Kramatjati baru-baru ini. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkomitmen menciptakan harga kebutuhan pangan yang stabil bagi warga DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Anies juga ingin terus memaatikan pasokan pangan untuk DKI Jakarta juga cukup dan stabil.

Menurut Anies, ada beberapa langkah agar hal tersebut dapat diwujudkan. Mengingat, dia menyadari betul bahwa pemenuhan pangan untuk DKI Jakarta tergantung daerah lain.

“Kita menyaksikan adanya perbedaan karakteristik, kemudian potensi sumber daya alam dan kita perhatikan ujungnya bagi kami di DKI ingin menjaga inflasi, stabilitas harga produsen konsumen. Harapannya bisa meningkatkan ekonomi,” kata Anies dalam acara Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Jakarta, Kamis, (6/7/2018).

Anies melanjutkan, efisiensi biaya transportasi merupakan hal yang tak kalah penting. Untuk itu, kedepan Pemprov harus lebih maksimal lagi agar ketersidaan pangan ke Jakarta dapat terpenuhi.

Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengakui lahan di Jakarta amat terbatas untuk menyuplai kebutuhan, ditambah permintaan atas kebutuhan pokok warga Jakarta terus meningkat.

“Kedua, rantai pasokan pangan ini belum efektif. Ketiga, 98 persen dari pasokan pangan di DKI ini bergantung dari daerah produsen. Tentu saja karena kita punya keterbatasan di lahan baik pertanian, peternakan untuk menyuplai kebutuhan di DKI Jakarta (ditambah) demandnya meningkat terus,” tambahnya.

Anies melihat saat ini banyak permintaan karena disebabkan pertambahan penduduk dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, harus diperhatikan keseimbangan penawaran dan permintaan (supply demand) masyarakat supaya harga tetap stabil.

“Karena itu di DKI kita membagi tugas, SKPD merumuskan dan memastikan besaran demandnya. BUMD memikirkan supplynya. Dari situ harapannya kita bisa memastikan pasokan di DKI Jakarta sesuai dengan kebutuhan,” ucap Anies. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  #pd-pasar-jaya  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...