Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 31 Jan 2019 - 16:50:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Mendag: Indonesia Siap Ekspor Tempe

72Tempe.jpg.jpg
Tempe (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan Indonesia akan mengekspor salah satu makanan khasnya, tempe, ke berbagai negara.

“Kita mau ekspor tempe. Sekarang sedang dicari teknologi pangannya agar awet,” kata Mendag seperti dikutip Antara, Kamis (31/1/2019).

Sementara itu, di tempat terpisah Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo), Ayip Syarifuddin menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan produk tempe yang untuk diekspor.

Saat ini, bahkan persyaratan untuk ekspor dan lain-lain sudah dipenuhi. Dengan kata lain Gakoptindo telah siap baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Gakoptindo menyasar negara-negara yang banyak ditinggali oleh orang Indonesia, antara lain Hongkong, Korea Selatan, dan Timur Tengah,” kata Ayip.

Menurut Aip, Gakoptindo sebenarnya telah melakukan ekspor tempe, namun pemasarannya dilakukan secara sporadis dan belum memaksimalkan kualitas.

“Kami pernah ekspor, tapi karena kelamaan di jalan jadi tempenya rusak, busuk,” ungkap Ayip.

Oleh karena itu, Ayip meminta dukungan dari pemerintah (Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian) untuk membantu menjaga kualitas tempe lewat teknologi dan memasarkannya lebih baik.

“Sekarang teknologi sudah dibantu Kemenperin melalui Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM) sampai bisa tahan antara 306 hari bahkan satu tahun tergantung kemasan dan lain-lain,” ujarnya. (ahm)

tag: #kementerian-perdagangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement