Bisnis
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 12 Mar 2019 - 18:12:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Bongkar Dugaan Penyalahgunaan Wewenang, Nasir Djamil Dorong Pembentukan Dewan Etik KY

tscom_news_photo_1552389164.jpg
Kantor Komisi Yudisial (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Nasir Djamil menegaskan, bahwa marwah KomisiYudisial (KY) harus dijaga.

Hal ini disampaikan Nasir, menanggapiadanya dugaan pelanggaran yang dilakukandua pimpinan Komisi Yudisial (KY), yaitu Aidul Fitriaciada Azhari dan Sumartoyo terkaitpenyalahgunaan wewenang dan konflik kepentingan di internal KY. Menurut dia, iniharus ditelusuri.

Nasir pun mendesak pembentukan Dewan Etik untuk mengetahui duduk masalah yang dilaporkan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Peradilan, yangmenyatakan adanya dugaan pelanggaran etik oleh Sumartoyo dan Aidul Fitriciada Azhari.

"Bagaimanapun integritas serta imparsialitas KY merupakan faktor determinan keberhasilan KY dalam mewujudkan peradilan yang bermartabat dan berintegritas," kata Nasir di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

"Untuk itu, KY perlu segera membentuk majelis etik untuk membuktikan kebenaran atas berbagai dugaan tersebut," tambahnya.

Lebih jauh, Nasir mengatakan pihaknya sangat fokus terhadap efektivitas kinerja KY, yang merupakan ujung tombak pengawasan eksternal terhadap upaya pengawasan institusi peradilan.

"Jangan sampai ulah sebagian orang akan merusak kinerja KY dalam mengawal proses independensi institusi peradilan di Indonesia," jelas Nasir. (Alf)

tag: #komisi-yudisial  #komisi-iii  #dpr  #nasirdjamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement