Editorial
Oleh Pamudji pada hari Selasa, 02 Apr 2019 - 14:43:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Menang Bersih

tscom_news_photo_1554190982.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

Judul editorial ini bisa bermakna ganda. Menang bersih, dalam arti menang total. Bisa pula berarti menang dengan cara bersih.

Dua-duanya boleh lah digabung menjadi: menang total dengan cara elegan.

Total dan elegan. Itu lah kata kuncinya. Pasti, kemenangan seperti itu yang diperjuangkan dan diidamkan setiap kontestan dari sebuah pertandingan. Pun demikian kontestasi pemilihan presiden dan anggota legislatif.

Paslon Pilpres dan caleg Pemilu 2019 yang berlaga pada 17 April mendatang, pasti ingin menang total dan elegan. Ini wajar, karena kemenangan tipe itu lah yang layak dipredikatkan sebagai kemenangan yang terlegitimasi.

Memenangi kontestasi politik, sejatinya bukan hanya meraup suara sebanyak-banyaknya. Lebih dari itu, juga diperlukan cara-cara bermartabat ketika meraihnya. Dua faktor itulah yang layak melegitimasi sebuah kemenangan.

Ujung dari rangkaian kerja politik adalah kemenangan. Namun, hanya kemenangan bersih lah, yang layak diperjuangkan. (*)

tag: #pilpres-2019  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...